5 Cara Membuat Keripik Tempe Renyah Anti Gagal!

Published by Nanda Syarla Hariyanti on

Ada banyak cara bikin keripik tempe yang dapat Anda ikuti. Makanan khas Indonesia renyah ini memang sudah dikenal sejak lama. Terbukti dengan banyaknya rumah produksi yang menyediakan keripik tempe.

Pada artikel sebelumnya kita belajar resep keripik pisang coklat khas lampung. Kali ini, kita akan belajar cara bikin keripik tempe. Yang tidak kalah enaknya dengan keripik pisang coklat.

Keripik tempe dapat Anda temui dimanapun. Bahkan Anda juga bisa membelinya di minimarket di dekat rumah. Sehingga tidak perlu bersusah payah. Mencari rumah produksi keripik tempe yang lezat itu.

Tekstur renyah irisan tempe yang tipis menjadi perpaduan yang sempurna. Camilan renyah ini dapat Anda nikmati kapan pun dan dimanapun. Bisa juga dinikmati bersama kerupuk ikan yang cara pembuatanya mudah.

Kisaran harga dari keripik tempe pun cukup murah. Setelah mengetahui cara bikin keripik tempe. Kalian juga dapat membuka peluang bisnis keripik tempe, lho! Lumayan bukan untuk tambahan pemasukan?

Terlebih lagi konsumen keripik tempe berasal dari segala usia. Hal ini semakin bikin usaha keripik tempe Anda semakin laris.

Minat masyarakat pada olahan tempe ini memang tidak pernah surut. Sebagai makanan tradisional khas Indonesia. Tentu tempe mempunyai tempat tersendiri. Siapa sih yang tidak suka dengan tempe?

Meskipun banyak masyarakat yang suka membeli jajanan modern. Mereka tetap saja akan Kembali membeli makanan yang sangat familiar. Tempe juga jelas sudah cocok di lidah masyarakat Indonesia.

Ngomong – ngomong soal tempe. Tahu gak sih asal tempe bisa menjadi makanan favorit Indonesia? Nah, maka dari itu. Berikut adalah asal usul tempe di Indonesia.

Asal Usul Tempe

keripik tempe

Beberapa abad lalu, masyarakat Pulau Jawa sudah mulai memproduksi tempe. Tanpa adanya pelatihan di mikrobiologi atau kimia. Mereka mulai mengembangkan makanan yang difermentasi yang disebut tempe.

Tidak ada yang tahu kapan tepatnya tempe mulai diroduksi. Tapi, dapat dipastikan tempe berasal dari Jawa. Sejak berabad – abad lalu tempe ada dalam tatanan budaya makan. Terutama dari masyarakat Jawa.

Cina dan Jepang biasanya mengolah kedelai menjadi makanan tradisional. Sedangkan tempe memang olahan tradisional kedelai. Asli berasal dari Indonesia. Yogyakarta dan Surakarta memasukkan tempe ke tatanan budaya makan mereka.

Dalam manuskrip Serat Chentini bab 3 dan 12. Yang memiliki latar Jawa abad 16. Kata tempe telah ditemukan. Misal penyebutan hidangan jae santen tempe dan kadhel tempe serundeng.

Beberapa catatan sejarah menunjukkan mulanya tempe berasal dari kedelai hitam. Berasal dari masyarakat pedesaan tradisional jawa. Dikembangkan di daerah Mataram Jawa Tengah. Berkembang sebelum abad ke – 16.

Sumber lain mengatakan pembuatan tempe dimulai masa tanam paksa Jawa. Pada saat itu masyarakat terpaksa menggunakan hasil pekarangan. Sebagai sumber pangan bagi mereka. Seperti singkong, ubi, dan kedelai.

Setelahnya, pembuatan tempe menyebar pesat ke seluruh Indonesia. Hal ini sejalan dengan penyebaran masyarakat Jawa. Yang saat itu mulai bermigrasi ke suluruh penjuru tanah air.

Tempe dapat diolah menjadi lauk pauk. Bisa juga camilan renyah yang disebut keripik tempe. Cara bikin keripik tempe yang mudah. Mampu membuat siapapun mau membuatnya. Beberapa lagi memilih langsung membeli.

Namun, jika kamu ingin memasak keripik tempe. Dan tidak tahu bagaimana cara membuatnya. Kalian bisa mengikuti cara bikin keripik tempe di bawah ini.

Cara Bikin Keripik Tempe

keripik tempe

1. Cara Bikin Keripik Tempe Original

Bahan – Bahan :

  • 2 papan tempe super dengan tekstur padat.
  • 7 sdm tepung tapioka (125 gr).
  • 1 butir telur utuh.
  • 15 sdm tepung beras (250 gr).
  • 1 bungkus penyedap rasa ayam.
  • Garam secukupnya.
  • Air sekitar 300 – 350 ml. Jika tidak menggunakan telur, volume air ditambah 100 ml.
  • Minyak goreng secukupnya.

Bumbu yang Dihaluskan :

  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt ketumbar
  • 2 ruas kencur
  • 1 siung bawang merah
  • 2 – 3 buah kemiri

Cara Bikin Keripik Tempe Original :

  1. Iris tipis tempe. Agar tipis, cara mengirisnya menggunakan diseset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-32 tempe. Sesuai ketebalan dan ukuran sih ya. Sisihkan.
  2. Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk rata. Pastikan adonan memiliki tekstur tidak terlalu encer dan terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer dikit yah. Jadi hasilnya kriuk dan tidak keras.
  3. Lalu celupkan irisan tempe satu persatu ke dalam adonan. Goreng dalam minyak panas. Aduk bolak balik hingga kuning keemasan dan angkat.
  4. Setelah dingin masukan toples atau kemas sesuai selera.

2. Cara Bikin Keripik Tempe Balado

Bahan:

  • 5 sendok makan air es
  • 1 sdt merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • 3 lembar daun jeruk
  • ½ sdt kaldu ayam bubuk
  • 300 gr tepung maizena
  • 1 sdm margarin
  • ½ sdt baing powder
  • 200 gr tepung terigu berprotein sedang
  • 1 sdm margarin
  • 1250 gr tempe

Bumbu Dihaluskan :

  • 2 siung bawang putih
  • 3 ruas jari kencur
  • 2 sdt ketumbar

Bumbu Tabur :

  • 2 sdm bumbu balado bubuk

Cara Bikin Keripik Tempe Balado :

  1. Campurkan tempe yang sudah diiris. Dengan baking powder, daun jeruk, dan juga tepung maizena. Campurkan juga tepung terigu, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, margarin. Dan bumbu yang sudah dihaluskan.
  2. Aduk hingga merata kemudian tambahkan sedikit air es.
  3. Diamkan kurang lebih 15 menit.
  4. Panaskan minyak goreng dengan api sedang.
  5. Goreng tempe hingga kering dan berwarna kecoklatan.
  6. Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.
  7. Taburi keripik tempe dengan bumbu balado lalu sajikan

3. Cara Bikin Keripik Tempe Pedas Manis

Bahan :

  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • ½ sdt merica bubuk
  • Minyak goreng secukupnya
  • Bumbu balado manis bubuk secukupnya
  • ¾ sdt garam
  • Tepung terigu 200 gr
  • 3 butir telur ayam (aduk hingga berbusa)
  • Tempe ½ kg (iris tipis)

Cara Bikin Keripik Tempe Pedas Manis :

  1. Campurkan terigu, kaldu ayam, merica bubuk, garam. Lalu aduk hingga merata.
  2. Celupkan tempe hingga terlumuri adonan dengan merata
  3. Panaskan minyak goreng pada api sedang
  4. Goreng keripik hingga kering dan berwarna kecoklatan
  5. Angkat dan tiriskan
  6. Beri tahuran bumbu balado manis bubuk hingga merata

4. Cara Bikin Keripik Tempe Keju

Bahan :

  • 10 butir kuning telur
  • 1 sdm air kapur sirih
  • 250 gr tempe
  • 1 sdm garam
  • 270 gr tepung ketan
  • Minyak goreng secukupnya
  • Keju bubuk

Cara Bikin Keripik Tempe Keju :

  1. Campurkan tepung ketan, garam, air kapur sirih, dan kuning telur. Lalu beri sedikit air.
  2. Campurkan potongan tempe ke dalam adonan. Baluri tempe secara merata dengan adonan.
  3. Goreng tempe dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan.
  4. Angkat dan tiriskan, campurkan dengan keju bubuk.
  5. Keriik tempe keju siap disajikan.

5. Cara Bikin Keripik Tempe Coklat

Bahan :

  • Tempe bulat 100 gr
  • Bawang putih 3 butir, pipih halus
  • Garam halus 1 sendok makan
  • Secukupnya air putih
  • Secukupnya minyak goreng

Bumbu Tabur :

  • Coklat bubuk 80 gr
  • Coklat batang 100 gr, panaskan hingga leleh
  • Gula halus 200 gr

Cara Bikin Keripik Tempe Coklat :

  1. Iris tempe dengan ketebalan cukup tipis lalu sisihkan.
  2. Larutkan bawang putih yang telah dihaluskan ke dalam air secukupnya. Tambah garam lalu rendam irisan tempenya dalam air tersebut. Tunggu sampai kurang lebih ½ jam lamanya supaya meresap.
  3. Angkat dan tiriskan rendaman irisan tempe.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang. Kemudian goreng matang tempe yang telah selesai direndam. Hingga matang dengan ciri kuning keemasan. Bolak-balik sesekali saat penggorengan irisan tempe berlangsung. Pastikan tidak sampai gosong. Angkat dan tiriskan.
  5. Berikutnya menyiapkan bahan untuk membuat pelapis tempe. Yaitu dengan memadukan coklat bubuk dan gula halus 100 gr. Aduk-aduk supaya tercampur rata.
  6. Tambahkan campuran gula dan coklat dengan yang telah dilelehkan. Aduk kembali agar tercampur secara merata.
  7. Sekarang ambil irisan tempe goreng. Lalu celupkan ke dalam campuran coklat. Hingga melapisi seluruh bagian tempe. Angkat dan tiriskan. Begitu seterusnya sampai selesai.
  8. Setelah itu, lumuri secara merata semua tempe. Yang sudah terlapisi celupan coklat. Menggunakan sisa gula halus yang belum terpakai.
  9. Tempe coklat selseai dibuat dan siap disuguhkan.

Tips dan Trik:

Kalau mau hasil tempe yang super renyah dan memiliki warna bagus. Kalian bisa menggunakan mesin vaacum frying. Sehingga keripik tempe akan lebih menarik.

Ingat, kualitas tempe juga berpengaruh pada hasil keripik tempe. Oleh sebab itu, pastikan menggunakan tempe kualitas bagus. Tempe padat dan matangnya pas.

Kandungan dan Manfaat Tempe

bahan keripik tempe

1. Kandungan Tempe

  • Asam Lemak

Peningkatan derajat ketidakjenuhan terhadap lemak terdeteksi selama proses fermentasi tempe. Asam lemak tidak jenuh majemuk dapat meningkat jumlahnya. Karena peningkatan ketidakjenuhan lemak.

Asam palmitat dan asam linoleat mengalami penurunan selama proses itu. Dan yang terjadi pada asam oleat dan linolenat adalah kenaikan. Efeknya dapat menurunkn kandungan kolesterol. Efek negative dalam tubuh mampu dinetralkan

  • Vitamin

Vitamin B kompeks dan vitamin A, D, E, dan K. Dapat larut lemak dan air terdapat pada tempe. Vitamin B banyak dihasilkan oleh tempe. Jenis vitaminnya adalah B1, B2, B6, asam pantotenat, asam nikotinat.

Pada umumnya, Vitamin B12 tidak dijumpai pada makanan nabati. Namun ditemukan pada produk hewani. Pengecualian bagi tempe yang mengandung Vitamin B12. Membuat tempe menjadi satu-satunya sumber vitamin potensial bahan nabati.

  • Mineral

Kandungan mineral makro dan mikro tempe memiliki jumlah yang cukup. Enzim fitase yang dihasilkan kampang tempe akan menguraikan asam fitat. Mineral – mineral tertentu (kalsium, magnesium, dan zink) dimanfaatkan tubuh.

  • Antioksidan

Isoflavone adalah zat antioksidan yang dapat anda temukan dalam tempe. Ifoflafon merupakan antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh. Berfungsi untuk menghentikan reaksi pembentukan radikal bebas. Seperti halnya vitamin C, E, dan karotenoid.

Daidzein, glisitein, dan genistein tiga jenis isoflavone terdapat dalam tempe. Disamping itu ada antioksidan factor II memiliki antioksidan paling kuat. Dibandingkan dengan isoflavone yang ada dalam kedelai.

Bila dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung antioksidan. Penuaan yang terjadi dapat dihambat. Mengonsumsi tempe sebagai makanan sehari hari selama dalam porsi wajar. Mampu mencegah penuaan pada Anda.

2. Manfaat Tempe

Tempe memiliki potensi untuk melawan radikal bebas. Penuaan dapat dihambat serta mencegah terjadinya penyakit degenerative. Seperti kanker, jantung coroner, diabetes melitus, dan lain – lain.

Zat antibakteri dapat menurunkan kolesterol darah, mencegah hipertensi. Penyakit jantung juga dapat dicegah oleh zat antibakteri ini.

Protein, lemak, dan karbohidrat pada tempe tidak banyak berubah. Jika kalian bandingkan kedelai. Namun, lemak, protein, dan karbohidrat dapat mudah dicerna oleh tubuh. Disebabkan adanya enzim pencernaan yang dihasilkan oleh kampang tempe.

Oleh karena itu, tempe sangat baik dikonsumsi. Dari anak – anak hingga orang dewasa bisa mengonsumsi tempe. Tak heran jika tempe memiliki julukan sebagai makanan segala umur.

Dibanding dengan kedelai, beberapa hal menguntungkan terjadi pada tempe. Beberapa penelitian telah menunjukkan. Gizi yang ada pada tempe lebih mudah dicerna tubuh. Dibandingkan yang ada pada kedelai.

Ini telah dibuktikan pada bayi dan anak. Terutama penderita gizi buruk dan diare kronis. Dengan memberi tempe. Pertumbukan berat badan penderita gizi buruk dapat meningkat. Penderita diare juga sembuh dalam waktu relative singkat.

Mutu tinggi yang ada dalam gizi tempe memungkinkan penambahan tempe. Untuk meningkatkan mutu serealia dan umbi-umbian. Jika dijadikan lauk bersama dengan nasi, jagung, atau tiwul. Akan lebih meningkatkan gizi dari tempe. Manfaat lain tempe adalah :

  • Mencegah Osteoporosis

Tempe mengandung kalsium dan vitamin K. Sangat baik bagi pembentukan tulang. Sebenarnya kedelai sudah memiliki kedua nutrisi tersebut. Namun dengan adanya proses fermentasi pada tempe. Meningkatkan jumlah vitamin K dan mineral lainnya.

Mengonsumsi tempe tiap hari sebagai tambahan lauk dan sayur. Sangat baik untuk penderita osteoporosis, serta sebagai pencegahan.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tempe yang dikenal sebagai kedelai fermentasi dapat membentuk asam fitat. Serta berbagai macam bakteri baik, seperti probiotik. Probiotik dalam tubuh akan membantu meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Dengan begitu Anda akan lebih sehat dan bugar. Segala penyakit yang mungkin menyerang Anda. Dapat Anda hindari dengan mengonsumsi tempe. Kuatnya kekebalan tubuh juga bisa membuat Anda lebih sehat. Meskipun usia sudah cukup tua. Kalian akan nampak muda jika kekebalan tubuh tinggi.

  • Protein Lebih Tinggi dari Daging

Manfaat tempe berikutnya dari protein yang terkandung di dalamnya. Dalam 100 gram tempe kita menemukan 19 gram protein. Dikutip dari Jurnal Kesehatan Masyarakat UI. Membuat protein tempe lebih mudah di cerna tubuh. Sedang asam amino arginin meningkat dua kali lipat pada tempe.

  • Baik untuk Diet

Bagi Anda yang sedang melakukan program diet demi menjaga kesehatan. Bisa menambahkan tempe dalan menu pola hidup sehat. Adanya probiotik yang baik untuk sistem pencernaan. Serta berbagai nutrisi yang mencukupi supaya badan tidak lemas selama diet.

Selain itu, kandungan nutrisi dari tempe baik dikonsumsi para vegan. Juga dapat digunakan sebagai  makanan pendamping ibu yang sedang menyusui.

  • Mencegah Kanker

Kanker yang disebabkan adanya sel abnormal yang bermutasi. Dan menghasilkan sel baru dengan gen tidak sempurna. Proses merusak jaringan sel sehat dan organ tubuh tertentu.

Manfaat tempe bagi kesehatan dapat membantu mencegah kanker. Serta menurunkan risiko kematian akibat kanker. Ada berbagai studi membuktikan. Bahwa senyawa polifenol dan isoflavone pada tempe. Mampu menghambat produksi sel kanker.

  • Mencegah Asma

Kesehatan paru-paru dipengaruhi serat dan asam lemak aliran darah. Tempe yang mengandung serat alami. Ternyata memiliki peran penting dalam mengurangi tingkat peradangan. Terkait respon pernapasan.

Sebuah studi membuktikan bahwa serat fermentasi dari tempe. Memperkuat sel-sel kekebalan di paru-paru. Untuk memiliki reaksi alergi yang lebih lemah.

Gimana, nih? Gampang banget kan cara bikin keripik tempe. Kalian bisa membuat varian baru sesuai selera kalian. Selain dijadikan camilan, kalian juga bisa membuka bisnis keripik tempe. Enak dan banyak banget kan manfaat yang dikandung tempe?

Tapi selalu ingat untuk mengonsumsi dalam skala wajar ya. Bagaimanapun mengonsumsi sesuatu secara berlebihan meski banyak manfaat tidak baik. Jadi, pastikan menyesuaikan porsi agar kalian tetap sehat. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!