Cara Membuat Keripik Apel Enak Renyah

Cara Membuat Keripik Apel

Cara Membuat Keripik Apel Enakk,keripik apel merupakan salah satu pangan olahan yang bisa kita olah dari buah apel. Melalui artikel ini saya mencoba untuk sedikit berbagi informasi mengenai cara membuat keripik apel yang mungkin selama ini belum kita ketahui. Semoga dengan mengetahui informasi ini menjadi inspirasi bagi kita untuk mengolah buah apel menjadi keripik apel.

Buah apel siapa saja pasti mengenal dan mengetahui jenis buah ini dengan baik, ada yang memfavoritkan jenis apel merah karena rasa manisnya, ada yang memfavoritkan jenis apel hijau karena renyah dengan rasa asam manisnya, dan ada juga yang memfavoritkan jenis apel kuning karena lebih empuk dan manis.

 

Mengenal Cara Membuat Keripik Apel

Cara Membuat Keripik Apel
Keripik Apel Gurih

Memang banyak jenis varian tanaman apel sangat beragam adapun rasa dan warna buahnya juga berbeda beda tergantung dari jenis varian buah nya. Apabila kita perhatikan di Market buah buahan tidak semua jenis buah apel berasal dari dalam Indonesia seperti jenis Red Apple berasal dari Amerika, Apel Fuji dari Jepang, Apel Gala dari Selandia Baru, Granny Smith dari Australia, dan lain lain.

Masing masing jenis buah apel import tersebut memiliki keunggulan sendiri dari sisi rasa buahnya tak heran apabila konsumen Indonesia juga menggemarinya.Buah apel lokal Indonesia beberapa contoh yang banyak dibudidayakan di daerah jawa timur diantaranya Apel Manalagi, Apel Anna, dan Apel Romebeauty ketiga jenis tersebut memang memiliki kreteria kelebihan sendiri dari pada apel import di atas.

Buah apel dari daerah jawa timur memiliki cita rasa yang khas yaitu asam manis, renyah, banyak kandungan airnya sehingga segar ketika dimakan dan tahan lama.

 

Kandungan Gizi Buah Apel

Apel ialah salah satu tipe buah-buahan yang sangat terkenal di dunia.Buah apel ini pada awal mulanya berasal dari Asia Tengah saat ini sudah banyak dibudidayakan oleh bermacam negara serta sudah jadi salah satu santapan sehat untuk nyaris seluruh penduduk di dunia.Buah Apel yang umumnya dimakan langsung maupun sering di buat Juice minuman ini memiliki Serat santapan (fiber), Vit C serta bermacam tipe Antioksidan yang tinggi.Berikut ini adalah merupakan kandungan gizi dalam buah Apel pada tiap 100 gramnya( 3, 5oz).
  • Energi sebanyak 52 kilokalori
  • Lemak total sebanyak 0,2 gram
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium sejumlah 1 mg
  • Kalium 107 mg (mencukupi 3% angka kecukupan gizi (AKG))
  • Karbohidrat total 14 gram (memenuhi 4% AKG)
  • Protein 0,3 gram
  • Vitamin A mencukupi (1% AKG)
  • Vitamin B6 (0%)
  • 9% Vitamin C memenuhi (7% AKG)
  • Vitamin D (0%)
  • Magnesium Mencukupi (1% AKG)
  • Kalsium (0%)
  • Zat Besi (0%)

 

Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

1.Menghindari Kanker

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research setuju berikan statment kalau mengkonsumsi flavonoid yang tersimpan banyak dalam buah apel bisa menolong merendahkan resiko terhadap penyakit kanker pankreas mencapai 23 persen.

Di dalam kulit apel pula ada senyawa yang bernama triterpenoid yang memenuhi akan kinerja flavoanoid buat menghindari perkembangan masing-masing sel kanker, kemampuan tersebut sudah diidentifikasi oleh para periset dari Cornell University.

Maka dari itu kala hendak mengkonsumsi apel, jangan buang kulitnya sebab bagian tersebut pula memberikan manfaat pada kesehatan. Sebab buah apel pula kaya hendak serat (hampir 4 gr) dalam ukuram sedang, penyakit kanker kolorektal bisa dikalahkancukup teratur makan buah ini setiap harinya.

2.Menurunkan Kolesterol

Apel sangat kaya hendak serat larut yang gunanya bersaingan dengan lemak dalam usus. Kedua nutrisi yang saling bersaing tersebut hendak menyebabkan penyusutan penyerapan LDL (Low Density Lipoprotein.

Ada kandungan kolesterol yang jahat serta melebihkan penciptaan ataupun penyerapan kandungan HDL (High Density Lipoprotein) ataupun kolesterol baik yang sangat dibutuhkan badan. Dengan demikian berikan kesimpulan dengan sendirinya kalau apel bisa menurunkan kandungan kolesterol jahat serta dapat perbanyak jumlah kolesterol yang baik.

3.Meningkankan Sistem Imunitas Tubuh

Apel memiliki anti-oksidan yang dikenal dengan flavonoid serta quercetin, paling utama pada apel dengan kulit merah. Salah satu dari antioksidan tersebut, tepatnya quercetin hendak tingkatkan sistem imun manusia buat membangun pertahanan natural dari virus pemicu penyakit. Ditambah dengan isi vit C serta serat yang bersifat bagaikan anti-inflamasi sehingga peranan quercetin dapat sedikit diringankan oleh kedua nutrisi tersebut.

4.Menghindari Alzheimer

Satu cangkir juice apel yang Kamu minum kala cuaca terik bisa membetulkan sel-sel saraf pada otak yang hadapi kehancuran, ini berkat peranan flavonoid bagaikan antioksidan kuat.

5.Menyembuhkan Asma

Permasalahan respirasi yang terjadi akibat rusaknya fungsi utama dari paru-paru ini sudah menderitai banyak orang, sebab itu asma dikatakan bagaikan penyakit umum.Membantu mengurangi indikasi asma serta menyembuhkan secara perlahan, Kamu dapat menggunakan buah apel karena isi fitokimia serta polifenol nya menolong badan memulihkan asma lambung.

Para periset berkata jika kanak-kanak yang terbiasa minum jus apel secara tertib setiap harinya menampilkan terbentuknya penyusutan resiko terhadap serbuan asma serta permasalahan respirasi lain. Dengan demikian dapat kita disimpulkan kalau apel memang merupakan buah yang ditakuti oleh penyakit asma anak.

6.Mengatur Gula Darah

Buah apel hendak memabantu menepis radikal bebas oksigen yang berpotensi besar menimbulkan diabet. Ini disebabkan tingginya isi serat larut serta pektin yang mempunyai peranan sebagai pengontrol kandungan gula darah dalam badan dengan menaikan gula ke dalam aliran darah pada siklus yang lebih lambat.

Perempuan yang paling tidak makan satu buah apel dalam satu bisa memperkecil mungkin terkena penyakit diabet jenis 2 sampai 28 persen dibanding dengan mereka yang tidak sama sekali mengkonsumsi buah apel.

7.Menghindari Batu Empedu

Batu empedu tercipta sebab dalam empedu menaruh sangat banyak kolesterol sehingga hadapi pengerasan, perihal ini sangat identik pada orang yang kelebihan berat tubuh. untuk membatasi pembuatan suatu batu empedu, dokter menganjurkan mereka yang gendut buat melaksanakan diet lebih besar supaya kandungan kolesterol jahat yang menumpuk dalam badannya dapat terkendali. Dalam mengatur kolesterol badan, serat pektin harus pula berkontribusi dalam mengurangi penyerapan LDL.

8.Menetralkan Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome merupakan suatu keadaan medis yang diindikasikan dengan perih perut serta kram, dan terdapat pergantian pola buang air besar. Erat pula terhadap diare serta wasir.

Untuk mengendalikan indikasi tersebut, dokter merekomendasikan masing-masing orang untuk menjauhi susu serta makanan berlemak serta mengubahnya dengan konsumsi makanan berserat yang ada dalam buah apel.

9.Menghasilkan Racun

Makanan serta minuman yang disantap setiap hari senantiasa menyisakan toksin dalam hati yang mana apabila dibiarkan menumpuk hendak mengganggu guna hati, apalagi merembet pengaruhi organ badan lain. Salah satu langkah gampang yang bisa Kamu jalani merupakan makan buah-buahan yang besar vit, mineral serta serat semacam apel.

Untuk menolong mendetoksifikasi toksin dari dalam hati anda, bila toksin telah disapu bersih Kamu tidak butuh takut lagi akan penyakit yang bisa jadi melanda Kamu akibat rusaknya hati.

10.Menghindari Katarak

Dalam suatu riset yang dicoba baru-baru ini (ialah jangka panjang) menampilkan kalau orang-orang yang mempunyai kerutinan makan buah-buahan yang kaya antioksidan semacam apel bisa memperkecil mungkin hadapi kehancuran mata semacam katarak sebanyak 10 hingga 15 persen.

 

Kualiatas Apel Terbaik Untuk Membuat Keripik Apel

5 Cara Memilih Buah Apel yang Cocok untuk Dikonsumsi, Segar!

Siapa yang tidak mengetahui jenis buah yang satu ini? Buah paling populer yang menjadi kegemaran bagi banyak orang ini memang sangat familiar bagi masyarakat di Indonesia dan keberadaannya sangat mudah ditemukan di toko-toko buah baik di pasar tradisional maupun swalayan.Buah apel mempunyai berbagai macam jenis dari mulai yang berwarna merah tua, merah muda, bahkan hingga hijau segar.
Semua macam jenis apel ini cukup banyak tersebar di kepulauwan indonesia.Di balik cita rasanya yang manis, asam, dan segar, sudahkah kamu mengetahui bagaimana cara memilih apel yang benar?Untuk kamu yang penasaran mengenai bagaimana cara memilih apel yang baik dan benar agar lezat untuk dikonsumsi, simak yuk tipsnya!

1. Melihat Permukaan Kulit Apel

Tentunya tampilan akan menentukan kualitas, sama halnya saat membeli apel. Kita harus mampu memilih dan melihat kualitas dari apel melalui tampilan yang dapat dilihat.

Bila permukaan kulit apel yang mulus tanpa ada bercak noda maupun sayatan dan lubang, maka dapat dikatakan apel tersebut dalam keadaan segar dan memiliki kualitas baik untuk dapat dikonsumsi. Hindari membeli buah apel yang permukaan kulitnya sudah tidak mulus lagi.

2. Pilihlah Apel Dengan Tekstur Keras

Tidak seperti buah lainnya yang memiliki tekstur empuk saat matang, apel cenderung memiliki tekstur yang keras sehingga dapat menandakan kematangannya. Pastikan tekstur apel tersebut cukup keras dengan cara menekannya menggunakan jari. Cara membuat keripik apel yang baik harus mempunyai kriteria seperti ini. Apel yang baik dan bagus akan terasa cukup keras, sementara hindari membeli apel yang sudah lembek karena ditakutkan telah busuk karena terlalu matang.

3. Hindari Buah Apel Yang Memar

Buah apel haruslah memiliki bentuk dan kualitas yang baik sehingga aman dan lezat untuk dikonsumsi. Apabila kita menemukan apel dengan memar pada sekelilingnya, maka lebih baik tidak melanjutkan untuk membelinya karena bisa jadi itu menyebabkan tekstur apel tidak lezat lagi saat dimakan. Memar pada apel juga dapat disebabkan kesalahan saat pemanenan.

4. Beraroma Khas Apel

Apel sudah tentu memiliki aroma wangi yang khas layaknya buah pada umumnya. Kita akan menemukan apel matang dengan aroma yang wangi sehingga dapat menjadi indikasi tepat akan kematangannya. Hindari membeli apel yang belum ada wanginya karena ditakutkan belum matang dan tidak lezat untuk kita konsumsi.

5. Mengetuk Apel Dengan Jari

video Untuk mengetahui akan kesegaran dan kadar air dalam apel, kita dapat mengeceknya dengan cara mengetuk secara perlahan buah apel menggunakan jari.Apabila kita mendengar suara yang nyaring saat kita mengetuknya, maka bisa jadi masih terdapat kadar air yang cukup di dalam apel sehingga aman dikonsumsi. Sementara, apabila tidak terdengar suara saat mengetuknya, maka bisa jadi apel sudah kering dan tidak lezat lagi untuk dikonsumsi.

Cara Membuat Keripik Apel

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara membuat keripik apel. Bagaimana caranya simak berikut ini ya…..

Bahan:

  • Apel segar 6 buah
  • Air lemon 50 ml
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Kayu manis 1 sendok teh
  • Garam halus
  • Penyedap rasa

Cara Membuat Keripik Apel :

  1. Pertama kupas kulit apel kemudian buang semu bijinya dan juga iris tipis bagian tengahnya.
  2. Berikutnya campur dalam satu tempat wadah bahan seperti gula pasir dan juga kayu manis.
  3. Ambil wadah yang berisi air lemon dan celupkan apel ke dalamnya lalu angkat dan Tiriskan kemudian guling-guling ke campuran kayu manis dan juga gula pasir.
  4. Siapkan loyang kemudian olesi dengan minyak atau mentega agar tidak lengket dan lapisi dengan kertas pemanggang.
  5. Letakkan semua irisan apel ke dalam loyang dan tata didalamnya.
  6. Setelah itu masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu sekitar 120°C sampai matang atau bisa di tunggu sekitar 1 jam.
  7. Jika sudah matang, biasanya di tandai dengan perubahan warna pada irisan apel menjadi kering kecokelatan.
  8. Angkat kemudian biarkan dingin terlebih dahulu lalu masukkan pada wadah yang kering dan tertutup rapat.
  9. Untuk menyajikan, kamu bisa ambil keripik secukupnya dan di hidangkan di piring saji. Setelah itu segera tutup kembali agar keripik tetap gurih dan renyah.

Nah jadi cara membuat keripik apel tidak begitu sulit ya…. Kamu bisa membuatnya dengan cara diatas.

 

Cara Membuat Keripik Apel Pedas Kriyuk

 

Cara Membuat Keripik Apel
Keripik Apel Pedas

Bahan:

  • Apel segar 6 buah
  • Air lemon 50 ml
  • Gula pasir 2 sendok makan
  • Kayu manis 1 sendok teh
  • Garam halus
  • Penyedap rasa
  • Abon cabe
  • Merica
  • Cabe merah

Cara Membuat Keripik Apel Pedas :

  1. Pertama kupas kulit apel kemudian buang semu bijinya dan juga iris tipis bagian tengahnya.
  2. Berikutnya campur dalam satu tempat wadah bahan seperti gula pasir dan juga kayu manis.
  3. Ambil wadah yang berisi air lemon dan celupkan apel ke dalamnya lalu angkat dan Tiriskan kemudian guling-guling ke campuran kayu manis dan juga gula pasir.
  4. Haluskan cabe merah
  5. Siapkan loyang kemudian olesi dengan minyak atau mentega agar tidak lengket dan lapisi dengan kertas pemanggang.
  6. Letakkan semua irisan apel ke dalam loyang dan tata didalamnya.
  7. Setelah itu masukkan ke dalam oven dan panggang dengan suhu sekitar 120°C sampai matang atau bisa di tunggu sekitar 1 jam.
  8. Jika sudah matang, biasanya di tandai dengan perubahan warna pada irisan apel menjadi kering kecokelatan.
  9. Lalu kamu aduk rata keripik apel dengan bumbu cabe atau abon cabe.
  10. Angkat kemudian biarkan dingin terlebih dahulu lalu masukkan pada wadah yang kering dan tertutup rapat.
  11. Untuk menyajikan, kamu bisa ambil keripik secukupnya dan di hidangkan di piring saji. Setelah itu segera tutup kembali agar keripik tetap gurih dan renyah.

Demikian beberapa langkah dalam membuat keripik buah apel. Semoga ini semakin menginspirasi anda untuk segera membuatnya. Dan ada beberapa hal yang sekiranya menguatkan, kenapa kita harus membuat keripik buah sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan. Semoga langkah – langkah  atas bisa bermanfaat bagi anda semua.

 

Cemilan Lain Selain Keripik Berbahan Dasar Apel

 

1. Apel Lapis Coklat

Bahan:

  • 2 buah apel Fuji
  • 615 gram chocolate chips
  • 1 sendok makan minyak
  • 225 gram karamel, lelehkan
  • potongan kacang
  • stik es krim

Cara Membuat:

  1. Iris apel dan buang bijinya, buat potongan dibagian bawah apel menggunakan pisau agar stik es krim mudah masuk.
  2. Lelehkan chocolate chips lalu tambahkan minyak, aduk hingga rata.
  3. Celupkan apel kedalam lelehan coklat, tuangkan karamel yang telah dilelehkan keatas lapisan cokat dan taburi potongan kacang. Bekukan lalu sajikan.

2. Strawberry Yogurt Aple

Bahan:

  • 1 buah apel merah, iris tebal
  • 1 cup plain yogurt
  • madu
  • strawberry, potong-potong
  • potongan kacang

Cara membuat:

  1. Campur madu kedalam yogurt, aduk hingga rata.
  2. Letakkan yogurt diatas irisan apel dan tambahkan potongan strawberry dan taburi dengan kacang

3. Donat Apel

Bahan:

  • 3 buah apel hijau
  • 1 batang cokelat, lelehkan
  • 1 batang cokelat putih, lelehkan
  • selai kacang
  • chocolate chips, potongan kacang, meses (untuk topping)

Cara membuat:

  1. Potong apel dan lubangi bagian tengahnya. Untuk mencegah perubahan warna menjadi cokelat, tambahkan perasan lemon.
  2. Tambahkan lelhan cokelat dan selai kacang lalu taburi dengan topping favorit kalian.

 

Aspek Pemasaran Cara Membuat Keripik Apel

1. Pasar Sasaran

a) Segmentasi pasar ( segmenting ) :
Bisnis keripik apel ini mencakup untuk semua segmen pasar. Masyarakat dari kalangan bawah sampai atas dan hampir semua umur.
b) Target Pasar (targeting ) :
Target pasar sasaran adalah masyarakat yang suka makan makanan ringan, suka berkumpul dengan kerabat, dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.
c) Positioning
Apel juga bisa dibuat menjadi keripik yang rasanya tidak kalah dengan keripik singkong atau keripik-keripik lainnya.

2. Wilayah Pemasaran

Usaha pembuatan keripik apel aneka rasa akan didirikan di Jalan tanjung duren no 45. Dan akan dipasarkan melalui agen-agen reseller , media sosial, sekolah dan konsinyasi dengan toko-toko.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *