Resep Membuat Keripik Beling Yang Garing dan Renyah…….

Cara Membuat Keripik Beling

Cara membuat keripik beling adalah makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar yang bercampur tepung dan air yang dipanaskan sampai kental. Setelah kental, adonan tersebut di jemur di bawah sinar matahari, ada juga pengusaha keripik kaca lain yang menggunakan metode di open atau di panggang untuk mengeringkan adonan tersebut.

Cara membuat Keripik Beling memiliki keunikan dibandingkan jenis keripik lain yang memiliki ketipisan berbagai ukuran, bisa jadi keripik yang satu ini paling tipis karena memiliki kemiripan dengan plastik mika yang kaku.

Jadi kalau temen-temen ingin bertanya “KERIPIK BELING TERBUAT DARI APA ?” jawabanya adalah terbuat dari tepung dan air Lebih bagus ditambahkan singkong yang dihaluskan.

Jika pada dasarnya sebuah keripik pada biasanya melalui proses penggorengan, maka untuk keripik yang satu ini tidak. Keripik Beling terbuat dari adonan parutan singkong yang amat halus dan dicampur sedikit bumbu rempah penambah membuat rasa menjadi gurih. Cara membuatnya pun hanya ditekan oleh alat pipih lalu kemudian dijemur, lalu masuk proses pembumbuan, sama sekali tidak digoreng. Ada dua varian rasa yaitu original yang hanya ditaburi bumbu asin dan juga rasa pedas yang ditaburi bumbu cabe bubuk kering.

Pengertian Keripik

Keripik adalah makanan ringan yang tergolong jenis makanan craker yaitu makanan yang bersifat kering,gurih,pedas,manis dan renyah dan kandungan lemaknya tinggi. Sifat renyah pada craker ini akan hilang jika produk menyerap airatau sudah masuk angin. Olahan keripik merupakan salah satu produk pangan yang banyak digemari oleh semua kalangan Tekstur atau kerenyahan keripik merupakan unsur utama penilaian konsumen.
Faktor-faktor yang mempengaruhi cara membuat keripik beling yang baik menurut Marinih
(2005), adalah:
1. Bahan dasar yang digunakan harus betul-betul baik dan berkualitas sehingga
keripik yang dihasilkan akan menjadi baik pula.
2. Bahan pembantu, berupa minyak goreng dalam pembuatan keripik harus baik, warnanya cerah dan tidak berbau. Fungsi dari minyak goreng tersebut sebagai media untuk menggoreng dan nantiakan berpengaruh pada keripik yang dihasilkan.
3.suhu penggorengan harus diperhatikan supaya hasil keripik menjadi lebih baik. Pengaruh suhu dilakukan dengan mengatur besar kecilnya api kompor, jika minyak
terlalu panas keripik akan cepat gosong. Standar mutu untuk keripik daun singkong rasa paru belum ada karena produk ini relatif baru untuk dikonsumsi.

Sejarah Cara Membuat Keripik Beling

Ide usaha bisa berasal dari mana saja Salah satunya dialami Ade putra di surabaya yang terinjak beling (pecahan kaca) saat sedang memakan keripik singkong. Baginya, menginjak beling bukan menjadi musibah, tapi justru menjadi sebuah berkah.

Sesampainya di rumah nya, ia segera membersihkan luka pecahan beling yang terpijak di telapak kakinya. Beling itu cukup kecil dan tipis sehingga ia sulit untuk dikeluarkan. Ia pun meminta bantuan ke dokter di dekat rumahnya.

Selepas selesai berobat ke dokter, Puji merenung sambil terus makan keripik singkongnya. Ia sedikit bingung beling sekecil itu bisa masuk ke telapak kakinya. Namun sembari makan keripik singkong yang lumayan tebal, ia pun juga heran mengapa ia tak berhenti makan makanan tradisional itu.

ia pun terpikir untuk membuat keripik singkong setipis beling agar biar semua orang bisa makan dan merasakannya. Selama ini potongan keripik singkong cukup tebal dan keras sehingga susah bagi orang tua untuk mengunyah,” katanya.

Pria asli Surabaya ini kemudian patungan dengan saudaranya untuk mengumpulkan modal. Dalam beberapa bulan, terkumpullah uang Rp 18 juta, hasil tabungan saudaranya. Ia juga mengumpulkan hasil tabungan dari hasil berjualan cireng selama ini.

saya juga buka usaha cireng bersama saudara saya. Dari hasil keuntungan jualan kita kumpulkan digabung dengan uang tabungan masing-masing. Setelah terkumpul, kita mau usaha yang lebih serius yaitu keripik beling.

Mulai dari situ, tepat dua tahun yang lalu, ia dan saudaranya fokus memproduksi keripik singkong. Supaya berbeda, ia menyebut keripik beling sebagai nama merek jual dagangnya sehingga membuat orang penasaran membeli dan mencoba memakannya.
jika mendengar keripik beling, orang pasti kaget dan bingung Masa mau makan beling? Yang benar saja. Akan tetapi kalau sudah ditawari keripik singkong setipis itu, pasti semua orang mau mencobanya.

Untuk memberi rasa yang unik, ade menyediakan rasa manis, asin, dan pedas. supaya kelihatan berbeda dengan lain, kami memberi rasa lain yaitu keripik rasa jeruk nipis, agak asam-asam kriyukkk…

Pria semester akhir di salah satu perguruan tinggi kota surabaya ini mengaku omzetnya sudah mencapai sekitar Rp 200 juta per bulan Sehari ia bisa menjual 50 kardus keripik beling. Harga setiap kardusnya dibanderol Rp 150 ribu.

“Sehari saya bisa dapat penghasilan kotor sampai Rp 7,5 juta. Kalau sebulan kira-kira lebih dari Rp 200 juta. Selisih keuntungannya memang kecil, sekitar dua puluh persen ucap ade.

Puji mengaku pelanggannya merupakan pemilik toko-toko grosir di Kota surabaya. Sebagiannya juga sudah dikirim ke wilayah luar kota. Ke depan ia berharap bisa ekspansi pasar sampai luar Pulau Jawa dan mendunia.

“Kami ingin dua atau tiga tahun ke depan sudah bisa menguasai pasar Jawa. Lalu nanti bisa mengembangkan sampai ke luar Pulau Jawa.

Baginya, berwirausaha adalah salah satu kunci suksesnya dalam hidup. Selain itu bisa menurunkan angka pengangguran yang sulit mencari lowongan kerja yang banyak terjadi di Indonesia. “Cita-cita saya ingin masuk majalah Forbes karena sukses berwirausaha,” katanya.

Manfaat Keripik Beling Bagi Kesehatan

1. Mengendalikan Diabetes

Manfaat keripik beling yang pertama dapat membantu mengandalikan diabetes. Kandungan serat yang ada di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk mengendalikan kadar gula darah sehingga bisa mengontrol diabetes anda agar tetap terjaga dalam batas normal. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini dengan tanpa batas.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Jika anda salah satu penderita penyakit jantung maka anda bisa mencegahnya dengan mengkonsumsi keripik beling. Hal ini dikarenakan kandungan sumber serat yang ada di dalamnya mampu menjaga kesehatan jantung sehingga bisa mencegah kamu dari resiko terkena penyakit jantung.

3. Menguatkan Tulang

Tulang berfungsi sebagai organ yang melindungi tubuh dari benturan benda tumpul. Untuk menjaga tulang agar tetap kuat bisa dilakukan dengan rajin mengkonsumsi keripik beling. Kandungan vitamin K yang ada di dalamnya berfungsi untuk membangun masa tumbuh tulang sehingga tulang akan tetap kuat dan juga sehat.

4. Membantu Produksi Sel Darah Merah

Selain bermanfaat untuk menguatkan tulang, keripik singkong juga sangat bermanfaat untuk membantu produksi sel darah merah. Kandungan vitamin B yang ada di dalam makanan ini membantu memproduksi sel darah merah sehingga bisa mencegah dari penyakit anemia (kekurangan darah).

5. Mencegah Terjadinya Kanker Usus Besar

Kanker usus besar adalah penyakit yang menyerang pada bagian usus besar atau bagian terakhir pada sistem pencernaan. Untuk mencegahnya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang ada di dalamnya bermanfaat untuk mencegah resiko kanker usus besar.

6. Membantu Pertumbuhan Tubuh

Mengkonsumsi keripik singkong juga sangat efektif membantu pertumbuhan tubuh. Kandungan yang terdapat dalam makanan ini berguna untuk membantu pertumbuhan tubuh sehingga anda bisa mengkonsumsinya untuk pertumbuhan tubuh yang bagus dan juga sehat.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kolesterol jahat disebabkan karena banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jenuh. Untuk menurunkan kadar kolesterol jahat bisa mengkonsumsi keripik singkong ini. Kandungan kalium yang ada di dalamnya mampu mengantur tekanan darah sehingga kadar kolesterol jahat bisa menurun.

8. Mencegah Penyakit Alzeimer

Untuk mencegah penyakit alzeimer anda bisa mengkonsumsi keripik singkong. Penyakit ini akan ditandai dengan menurunnya kemampuan berpikir otak dan berbicara. Oleh karena itu, anda bisa mengkonsumsi makanan ini untuk mencegah resiko penyakit alzeimer.

9. Melancarkan Proses Pencernaan

Keripik singkong juga sangat berkhasit untuk melancarkan proses pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya dapat membantu proses buang air besar menjadi lancar sehingga bisa mencegah anda dari resiko terkena gangguan pencernaan.

10. Menurunkan Resiko Stroke

Stroke merupakan hilangnya fungsi otak dengan cepat, karena gangguan darah menuju ke otak. Untuk menurunkan resiko stroke anda bisa mengkonsumsi keripik singkong. Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu menurunkan resiko terkena stroke sehingga sangat baik sekali dikonsumsi bagi penderita stroke.

Cara Membuat Keripik Beling Original

Cara Membuat Keripik Beling
Keripik Beling Original

Cara membuat keripik beling atau kaca, merupakan cemilan yang viral saat ini. Unik bentuknya bening, mirip seperti beling Rasanya, original,renyah dan pedas.

Nggak heran jika siapapun menjadi lebih penasaran dan ketagihan dengan cemilan ini. Jika tidak mau beli di luar, kamu bisa simak resep cara membuat keripik beling berikut dan selamat mencobanya.

Bahan:

  • 250 gr / 17 Sdm Tepung Tapioka
  • 700 ml / 3 Gelas Air Mineral
  • 0,5 Sendok Teh Garam

Bahan Bumbu:

  • 50 ml / 3 Sdm Minyak Goreng
  • 5 Siung Bawang Merah
  • 4 Siung Bawang Putih
  • 6 Buah Cabe Merah
  • 1 Sendok Teh Kaldu Bubuk
  • 1 Sendok Teh Gula
  • 0,5 Sendok Teh Garam
  • 0,25 Sendok Teh Kencur Bubuk

Cara Membuat Keripik Beling Original:

  1. Siapkan wajan cukup besar, lalu masukan “Semua Bahan-A”. Aduk sampai rata dan pastikan tidak gumpal. Lanjut kini masak sambil diaduk terus, cukup dengan api kecil saja.
  2. Terus masak sambil adonan diaduk hingga tekstur adonan menggumpal, elastis dan lentur. Memang akan memakan waktu cukup lama, bisa 30 menit atau lebih
  3. Siapkan kurang lebih 2 ~ 4 lembar plastik yang besar, atau secukupnya hingga cukup meletakan semua adonan. Lalu olesi satu sisinya dengan minyak goreng agar tidak lengket.
  4. Letakan “Adonan Keripik beling” diatas plastik, lalu tutup plastik lagi. Lanjut giling dapat menggunakan dengan botol atau apa saja, lakukan hingga sangat tipis merata.
  5. Lepas tutup plastik, lalu jemur di sinar matahari “Adonan Keripik beling” kurang lebih selama 2 jam. Kini adonan sudah mulai bening, tapi masih lunak atau belum kering sepenuhnya.
  6. Lepaskan “Adonan Keripik Beling” dari plastik, lalu gunting-gunting sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Boleh kotak, segitiga, atau apapun sesuai selera kamu.
  7. Lanjut jemur kembali “Adonan Keripik Beling” di sinar matahari yang sudah digunting-gunting, lakukan sampai kering atau sekitar 3 jam. Setelah benar kering, angkat.
  8. Siapkan wajan, lalu sebarkan minyak sedikit saja. Lanjut goreng “Adonan Keripik beling” dengan api kecil selama 5 ~ 10 menit. Selesai untuk keripiknya.
  9. Siapkan blender atau ulekan, lalu haluskan “Semua Bahan bumbu sampai benar benar halus. Lanjut tumis bumbu dengan api kecil hingga harum dan matang 5 ~ 10 menit.
  10. Terakhir masukan “Keripik beling”,dan aduk hingga bumbu merata. Bisa langsung disajikan!

Simpan keripik beling yang sudah dibuat simpan di wadah kering dan kedap udara. Sebelumnya letakkan dulu di atas kertas atau kertas tisu untuk menyerap kelebihan minyak yang menempel di permukaannya. Baca juga info keripik berikut.

Cara Membuat Keripik Beling Pedas

Cara Membuat Keripik Beling
Keripik Beling Pedas

Ini salah satu camilan yang terbuat dari bahan baku singkong. Makanan ini merupakan makanan cemilan favorit banyak orang karena rasa nya yang gurih dan renyah. Keripik beling rata-rata atau hampiar semua terbuat dari singkong. Nah bagaimana cara membuat keripik beling pedas  mari kita simak berikut cara membuat keripik beling pedas nya ya…

Bahan:

  • 250 gr / 17 Sdm Tepung Tapioka
  • 700 ml / 3 Gelas Air Mineral
  • 0,5 Sendok Teh Garam
  • Singkong

 Bumbu:

  • 50 ml / 3 Sdm Minyak Goreng
  • 5 Siung Bawang Merah
  • 6 Siung Bawang Putih
  • 2 buah tomat
  • 1 kg Cabe Merah
  • 1/4 cabe rawit
  • abon cabe
  • 1 Sendok Teh Kaldu Bubuk
  • 1 Sendok Teh Gula
  • 0,5 Sendok Teh Garam
  • 0,25 Sendok Teh Kencur Bubuk

Cara Membuat Keripik Beling Pedas:

  1. Siapkan wajan cukup besar, lalu masukan “Semua Bahan-A”. Aduk sampai rata dan pastikan tidak gumpal. Lanjut kini masak sambil diaduk terus, cukup dengan api kecil saja.
  2. Terus masak sambil adonan diaduk hingga tekstur adonan menggumpal, elastis dan lentur. Memang akan memakan waktu cukup lama, bisa 30 menit atau lebih
  3. Siapkan kurang lebih 2 ~ 4 lembarplastik yang besar, atau secukupnya hingga cukup meletakan semua adonan. Lalu olesi satu sisinya dengan minyak goreng agar tidak lengket.
  4. Letakan “Adonan Keripik beling” diatas plastik, lalu tutup plastik lagi. Lanjut giling dapat menggunakan dengan botol atau apa saja, lakukan hingga sangat tipis merata.
  5. Lepas tutup plastik, lalu jemur di sinar matahari “Adonan Keripik beling” kurang lebih selama2 jam. Kini adonan sudah mulai bening, tapi masih lunak atau belum kering sepenuhnya.
  6. Lepaskan “Adonan Keripik Beling” dari plastik, lalu gunting-gunting sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Boleh kotak, segitiga, atau apapun sesuai selera kamu.
  7. Lanjut jemur kembali “Adonan Keripik Beling” di sinar matahari yang sudah digunting-gunting, lakukan sampai kering atau sekitar 3 jam. Setelah benar kering, angkat.
  8. Siapkan wajan, lalu sebarkan minyak sedikit saja. Lanjut goreng “Adonan Keripik beling” dengan api kecil selama 5 ~ 10 menit. Selesai untuk keripiknya.
  9. Siapkan blender atau ulekan, lalu haluskan “Semua Bahan bumbu sampai benar benar halus. Lanjut tumis bumbu dengan api kecil hingga harum dan matang 5 ~ 10 menit.
  10. Terakhir masukan “Keripik beling”,dan aduk hingga bumbu merata. Bisa langsung disajikan!

Simpan kerupuk kulit yang sudah dibuat simpan di wadah kering dan kedap udara. Sebelumnya letakkan dulu di atas kertas atau kertas tisu untuk menyerap kelebihan minyak yang menempel di permukaannya. Baca juga info keripik berikut.

Aspek Pemasaran

Pemasaran produk ini merupakan produksi secara lokal maupun berdasar pesanan.  Karena produk kerupuk  bawang merupakan produk yang sifatnya kering, maka produk ini dapat bertahan lama asal diikuti juga dengan bahan pengemas yang baik.

Untuk pengemasan keripik beling sendiri cenderung sederhana. Satu puck biasanya berisi 10 bungkus kecil yang di dalamnya terdiri dari beberapa kepingan. Meski tipis tapi tidak mudah hancur karena teksturnya yang cukup kuat dan mudah dalam penataan. Biasanya dijual di pasar-pasar tradisional, di warung sederhana dan sekolahan. Pembuat keripik beling menemukan keripik ini sejak era tahun 2010, meski begitu belum diketahui secara pasti siapa penicipta makanan ini pertama kalinya.
Dulu jajanan ini termasuk agak sulit untuk ditemukan karena jarang ada di pasaran, tapi dengan banyaknya penggemar membuat jajanan murah meriah seharga lima ratusan ini semakin meningkat produksinya dilihat dari banyaknya penjual di pasaran. Penulis yang sekaligus penjaga warung juga menjadi saksi bahwa jajanan ini selalu paling cepat habis diborong pembeli khususnya para ibu-ibu dan anak muda.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *