Resep Martabak Telur Super Gurih Kresss Mudah Dibuat

Published by Ni Kadek Cessica Natalie Regep on

Siapa yang tidak tahu martabak telur? Tentu saja kalian tahu! Jaman sekarang resep martabak telur memiliki banyak variasi dan rasanya tambah enak, yuk cek apa aja!

Resep martabak telur adalah olahan makanan yang paling sering dicari dan sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, hampir diseluruh penjuru nusantara menjajakannya, mulai desa kecil sampai ke kota besar.

Tak hanya terkenal di Indonesia, martabak juga menjadi sajian yang umum ditemukan di Arab Saudi (wilayah di Hijaz), Yaman, Malaisya, Singapura, dan Brunei.

Cita rasanya yang nikmat dan harganya yang cukup terjangkau menjadi alasan martabak digandrungi semua kalangan. Di Indonesia sendiri terdapat dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak asin atau yang biasa disebut martabak telur.

Martabak Manis merupakan olahan makanan terbuat dari adonan terigu, telur, gula, yg ditaburi bubuk kacang tanah dan cokelat, kemudian dipanggang dan dilipat.

Sedangkan Martabak Telur atau Martabak Asin, sesuai namanya terbuat dari adonan tepung terigu adonan telur, daging giling (cincang), dan rempah (bagian isi) yang kemudian digoreng.

Dua jenis martabak itu memiliki asal-usulnya sendiri-sendiri loh, kenapa akhirnya muncullah nama “Martabak Manis” dan “Martabak Asin”. Karena jarang terdengar dari mana asal-usul martabak ini, mari kita cari tahu Bersama asal muasal martabak dari berbagai versi negara.

Asal-Usul Resep Martabak Telur dan Martabak Manis dari Indonesia

resep martabak telur

Martabak Manis

Martabak manis memiliki nama asli Hok Lo Pan, adalah makanan khas Bangka Belitung. Hok Lo Pan atau martabak manis diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Merupakan satu-satunya di dunia, makanan suku Hakka (Khek) yang memakai nama suku Hoklo.

Hampir seluruh orang di kota-kota besar seperti di kota Jakarta mengenal Martabak Bangka, nama aslinya di Bangka adalah Hok Lo Pan (Martabak ). Arti dari Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah Kue Orang Hok Lo.

Hok Lo Pan ( Martabak ) adalah kue yang sangat sederhana dan mudah dibuat. Hanya 12 Menit menunggu Hok Lo Pan ( Martabak ) pun Jadi dan siap di santap.

Dengan bahan dasar tepung terigu, diolesi dengan mentega, ditaburi coklat butir campur kacang tanah dan wijen, atau Keju parut campur wijen, kemudian diberikan susu kental manis, selesai.

Seiring waktu berjalan, makanan ini semakin terkenal dan menyebar hingga ke luar Bangka. Hok Lo Pan kemudian dikenal dengan sebutan kue rembulan (terang bulan). Sebutan ini muncul karena terang bulan memiliki bentuk yang bulat dan berwarna kuning.

Martabak Telur

Awal cerita dimulai dari seorang pemuda asal Tegal, Jawa Tengah yang bernama  Ahmad bin Abdul Karim yang berkelana ke kota besar yaitu Semarang untuk berdagang di tahun 1930.

Lalu, Ahmad bertemu dengan seorang warga India bernama Abdullah bin Hasan al-Malibary yang pandai memasak dan menjadi sahabat.

Ketika itu Abdullah yang berasal dari India ini diajak kekampung halaman Ahmad dan diperkenalkan dengan saudara perempuannya, dan perkenalan tersebut menghasilkan pernikahan antara keduanya.

Abdullah juga pandai membuat masakan yang terbuat dari terigu yang disebut martabak, karena ia tinggal dan menetap di Indonesia, Abdullah membuat kue Martabak yang lebih disesuaikan untuk lidah orang Jawa yang suka memakan sayuran.

Terciptalah resep martabak telur dengan isi sayuran yang dicampur dengan bahan lainnya. Nama martabak sendiri merupakan Bahasa Arab, yang berarti “terlipat”.

Karena makanan ini memiliki banyak peminat maka tetangga dan kerabat dari sahabatnya Ahmad dan istrinya diajari cara membuat kue martabak tersebut.

Bahkan, martabak juga sering diperkenalkan diberbagai acara diluar kota seperti pasar malam, hingga acara sekatenan di Yogyakarta dan Dugderan di Semarang. Kini martabak telur telah terkenal dan sangat popular di Indonesia dan sudah tersebar dimana-mana.

Martabak memang pantas dijadikan makanan favorit. Jika di Indonesia kita mengenal dua jenis, yaitu, martabak telur yang gurihnya bikin nagih dan martabak manis dengan berbagai rasa, mulai dari cokelat, kacang, keju, dan sebagainya. Penasaran dengan martabak versi berbagai negara?

Uniknya lagi, masing-masing negara punya jenis martabak yang unik. Penasaran seperti apa bentuknya? Yuk, simak daftar di bawah ini!

Mutabbaq dari Arab. Di Arab, Mutabbaq Berisi Daging Cincang, Sayuran, Daun Bawang, Tomat, Serta Bawang Merah

Mutabbaq dalam Bahasa arab berarti folded. Mutabbaq di Arab adalah kue dadar isi atau roti goreng yang sangat popular.

Di Brunei Darussalam, Martabak Dicelupkan ke Kuah Kari yang Gurih

Jenis martabak dari Brunei Darussalam ini mungkin sedikit berbeda dari martabak pada umumnya. Karena martabak ini disajikan tanpa isian atau martabak kosong yang mirip seperti roti canai lalu disantap dengan mencelupkannya ke kuah kari yang disediakan.

Martabak dari Yaman Lebih Sering Menggunakan Daging Kambing

Dari bentuknya mungkin terlihat sama dari martabak umumnya. Tetapi yang membuat martabak Yaman berbeda adalah isiannya menggunakan daging kambing. Dinikmati dengan saus kari pedas yang nikmat.

Martabak di Israel Lebih Dominan Rasa Manis dan Gurih

Seperti di Brunei Darussalam, martabak Israel juga tidak diberi isian. Martabak ini hanya terdiri dari lapisan-lapisan roti yang ditaburi gula halus atau kacang.

Gozleme dari Turki Memiliki Rasa yang Creamy

Martabak atau biasa warga Turki sebut Gozleme diberi isian keju feta yang dicampur dengan daging domba. Rasa creamy berasal dari keju tersebut dan sangat berbeda jika dibandingkan dengan martabak umumnya.

Mhadjeb dari Kawasan Afrika Utara, Bentuknya Menyerupai Martabak, Tapi Berukuran Lebih Kecil

Sekilas Mhadjeb mirip dengan martabak khas Arab , namun perbedaanya mhajeb memiliki isian berupa bawang, tomat, dan cabe yang ditumis bersama.

Wah… ternyata banyak juga ya martabak unik dari bebagai negara. Makanan yang memiliki bahan utama telur ini kenikmatannya memang patut diacungi jempol kan readers.

Berbicara tentang telur, telur bisa dijadikan peluang usaha makanan yang memiliki banyak peminat dari semua kalangan loh.

Salah satunya usaha makanan sosis telur yang lebih mudah dibuat dengan mesin sosis telur yang canggih, sehingga hasil produk kalian bisa lebih cepat dibuat dan efisien waktu.

Setelah kita mengetahui sejarah martabak di Indonesia dan martabak dari negara lain, yuk lanjut ke bagian membuat resep martabak telur.

Resep Martabak Telur

resep martabak telur

Kalian sering makan martabak tapi belum pernah nyoba bikin sendiri? Terus terang awalnya kalian pasti ngeri membayangkan sulitnya membuat kulit martabak seperti yang didemonstrasikan oleh abang-abang penjual.

Abang-abang penjualnya terlihat sangat lihai saat memutar mutar adonan seperti adegan akrobat sampai terbentuk adonan kulit yang tipis dan transparan tanpa sobek sedikitpun.

Anyway untuk membuat kulit martabak kalian gak perlu menguasai ilmu akrobat dulu. Dengan sedikit nyali dan trik kalian bisa menyajikan makanan ini di rumah sendiri.

Tentu saja diperlukan sedikit kesabaran karena banyak pernak-pernik bahan penyusun. Kalau mau gampang sih, langsung aja beli terus dimakan langsung he he he.

Tapi kalau penasaran ingin benar benar bikin martabak asli sesuai prosedur aslinya, silahkan ikuti berbagai prosedur aneka resep martabak telur dibawah. Selamat mencoba…..

Resep Martabak Telur, Pemula Dijamin Sukses

Bahan Kulit Martabak :

  • 8 sendok makan terigu protein tinggi
  • 1 butir telur
  • 1/2 sendok teh garam
  • 2-3 sendok makan air
  • minyak goreng untuk merendam adonan

Bahan Isian :

  • 2 butir telur
  • 2 sendok makan daging kornet instan
  • 1 siung bawang putih, cincang
  • 1/2 bagian bawang bombai
  • 2 ruas daun bawang, iris tipis
  • 1 sendok teh saus sambal
  • 1/2 sendok teh lada bubuk
  • garam atau penyedap rasa secukupnya
  • gula secukupnya

Cara Membuat Martabak Telur :

  1. Pertama, kita buat kulit martabak terlebih dahulu. Caranya campur semua bahan kulit martabak, kecuali minyak. Uleni hingga adonan kalis.
  2. Bagi adonan menjadi dua bagian dan letakkan ke dalam baskom. Tuang minyak hingga merendam adonan.
  3. Tutup dengan plastic wrap atau serbet, diamkan selama 30 menit hingga satu jam.
  4. Siapkan mangkuk terpisah, masukkan semua bahan isian dan aduk hingga rata. Sisihkan.
  5. Lapisi talenan dengan plastik, ambil adonan. Pipihkan adonan hingga menutupi seluruh permukaan talenan.
  6. Siapkan flat pan atau teflon ukuran besar. Minyak dipanaskan dengan api sedang, letakkan kulit martabak di atasnya.
  7. Selanjutnya tuang isian ke atas kulit martabak, tunggu beberapa saat, dan lipat pinggiran kulit ke tengah menggunakan spatula.
  8. Balik martabak saat bagian bawahnya sudah kecokelatan.

Tips yang Bisa Kamu Lakukan :

  1. Kalau gak ada tepung terigu protein tinggi, kamu bisa gunakan tepung serbaguna.
  2. Pengin hasilnya lebih gurih? Telur bebek bisa jadi pilihan.
  3. Biar rasa dan aromanya lebih nendang, coba ganti penyedap makanan dengan curry powder.
  4. Kalau kesulitan menuang isian saat adonan ada di atas penggorengan, kamu bisa tuang isiannya saat di talenan dan langsung melipatnya. Tapi porsi telur harus dikurangi alias isiannya padat agar tidak luber ketika diangkat.
  5. Kamu bisa tambahkan apapun sebagai isian, misalnya sosis, daging cincang, daging ayam, dan sebagainya.

Itulah resep martabak telur yang enak dan mudah untuk pemula. Gampang kan bikin resep martabak telur di atas?

Lumer Bikin Nagih, Resep Martabak Telur Keju Mozarella

Bahan-Bahan :

Kulit :

  • 250 gram tepung terigu
  • Air secukupnya
  • Sejumput garam
  • 1 sdm minyak goreng
  • Kamu juga dapat menggunakan kulit lumpia atau pangsit untuk praktisnya

Isi :

  • 100 gram daging sapi
  • 1 bungkus bumbu kare instan
  • 2 butir telur
  • 5 helai daun bawang
  • Garam secukupnya

Topping :

  • Keju mozarella sesuai selera

Cara Membuat Martabak Keju Mozarella :

  1. Buat adonan kulit: campur tepung terigu, garam, minyak lalu tambahkan air sedikit demi sedikit hingga adonan kalis.
  2. Rendam adonan dengan minyak goreng selama 2 jam dalam keadaan tertutup. Untuk praktisnya kamu dapat menggunakan kulit lumpia atau pangsit
  3. Isi: cincang kecil-kecil daging sapi lalu tambahkan bumbu kari instan. Masak hingga daging setengah matang. Ingat, jangan sampai over-cooked ya!
  4. Kocok telur bersama rajangan daun bawang. Tambahkan tumisan daging (atau isian lain sesuai yang kamu inginkan )td. Sisihkan
  5. Setelah 2 jam, ambil 1 bulatan lalu beri isiannya. Tutup martabak dengan melipatnya membentuk sebuah amplop. Goreng menggunakan teflon dengan api kecil.
  6. Saat hampir matang, letakkan keju di atasnya. Biarkan keju meleleh terkena panas di atas teflon. Angkat dan sajikan selagi hangat.

Resep Martabak Telur Isi Kentang

Bahan Kulit Martabak :

  • 400 gr tepung segitiga
  • 125 gr sagu tani
  • 250 ml air atau secukupnya ya
  • 3/4 sdm garam
  • 7 sdm minyak sayur
  • Secukupnya minyak untuk merendam adonan kulit martabak

Bahan Isian :

  • 3 buah wortel ukuran sedang
  • 4 buah kentang ukuran sedang
  • 2 sdm tepung+air untuk pengental isian
  • Secukupnya garam, kaldu jamur totole, gula dan lada bubuk
  • Secukupnya air, biar kentang n wortel cepat matang

Bahan Bumbu Halus :

  • 7 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah

Terakhir minyak untuk menggoreng yang banyak

Cara Membuat Martabak Telur Isi Kentang :

  1. Cara membuat kulit martabak yaitu campur semua bahan kering lalu aduk rata, tambahkan air dan minyak lalu uleni hingga kalis
  2. Setelah bahan kulit martabak telah diadon/tercampur rata ambil sedikit lalu bulatkan kecil menjadi berapa bagian, kemudian rendam bola-bola adonan dengan minyak diamkan minimal 1 jam (lebih lama direndam, makin bagus)
  3. Cara membuat isian martabak kentang dan wortel…
  4. Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan kentang dan wortel yang telah dipotong dadu kemudian masukkan air, garam, kaldu jamur dan gula. Aduk sampai rata dan biarkan bumbu meresap ke dalam kentang dan wortel (masak sampai agak matang)
  5. Setelah itu masukkan campuran tepung terigu+air aduk cepat agar tidak menggumpal. Masak sampai bau tepung menghilang. Setelah semua bahan tercampur rata. Matikan kompor dan dinginkan sebentar
  6. Siapkan adonan kulit yang telah direndam minimal 1 jam lalu tipiskan adonan kulit martabak dengan jari. Setelah adonan mendekati ketipisan yang diinginkan, masukkan isian kentang dan wortel yang telah diingin, kemudian lipat tiap sisinya dan tekan sedikit
  7. Sambil mengisi kulit martabak, siapkan wajan yang telah berisi minyak secukupnya sampai berendam dan panaskan dengan api sedang. Ketika minyak sudah panas masukkan martabak isi kentang yang telah jadi ke dalam minyak… masak hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan
  8. NB : lebih baik panaskan minyak sambil tipiskan kulit martabak dan telah diberikan isian. Agar dapat langsung dicemplungi dalam minyak hal ini bertujuan agar martabak tidak lengket satu sama lain jika tidak langsung digoreng.

Manfaat Mengonsumsi Martabak Telur

resep martabak telur

Tidak hanya nikmat dan cocok untuk dinikmati kapan saja. Ternyata, martabak yang kalian konsumsi juga memiliki manfaat. Untuk kalian yang ingin tahu apa saja manfaat dari resep martabak telur yang kalian coba, berikut ini adalah manfaatnya.

Meningkatkan Tenaga

Khasiat martabak telur yang pertama adalah membantu kalian menghasilkan dan meningkatkan jumlah tenaga dalam tubuh.

Makanan ini bisa menjadi zat yang sangat baik untuk tubuh terutama membantu pembentukan tenaga. Senyawa yang ada di dalam makanan ini dapat membantu tubuh di dalam mengolah energi dan kalori.

Pengatur Suhu Tubuh

Martabak telur memiliki kandungan zat besi yang menjadi salah satu pengatur suhu tubuh. Dengan adanya senyawa tersebut suhu badan kita bisa terkendali dengan baik.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan yang ada di dalam martabak telur juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena kandungan yang ada di dalam martabak sebagai komponen yang penting di dalam penyusun enzim.

Martabak juga dapat menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menimbulkan kerusakan oksidatif dari dalam tubuh dan memperbaiki imunitas tubuh.

Menjadi Antioksidan yang Sangat Ampuh

Martabak telur memiliki sumber antioksidan yang sangat kaya dan tentunya dibutuhkan oleh tubuh. Bukan hanya untuk mencegah, makanan ini juga di kenal sebagai anti virus serta bakteri.

Senyawa yang ada di dalam martabak telur dapat mencegah perkembangan bakteri serta cacing di dalam tubuh.

Dapat Memangkas Berat Badan

Zat anti iflamasi yang ada di dalam martabak telur dapat membantu mengatur sel lemak yang terbentuk di dalam tubuh kalian.

Berat badan terjadi ketika lemak terus terbentuk, tahapan tersebut bisa mengubah pre adiposit menjadi sel-sel lemak melalui proses yang anda namakan sistem inflamasi.

Kemudian, senyawa yang terdapat pada makanan ini dapat membantu menghambat terjadinya proses inflamasi yang tentu baik untuk mencegah berat badan anda.

Tak hanya martabak saja yang dapat memangkas berat badan, buah naga yang memiliki kulit seperti sisik naga bisa juga menjadi pilihan yang segar dan mudah dibuat.

Salah satu olahannya adalah smoothies, biasanya kalian sering mendengar atau bahkan sudah mencoba smoothies dengan bahan dasar stroberi, pisang, alpukat. Tetapi, apakah kalian pernah mencoba smoothies yang terbuat dari buah naga?

Cara membuat smoothies buah naga sangat sederhana dan sangat direkomendasikan untuk kalian yang sedang berdiet. Karena buah ini hanya mengandung 60 kalori dan kaya akan vitamin.

Mengatasi Sembelit

Jika kalian sering mengalami sembelit, maka kalian perlu mengonsumsi martabak telur. Karena martabak telur bisa membantu proses pembuangan racun dalam tubuh. Sehingga apabila terjadi sembelit, kalian boleh mencoba mengatasinya dengan mengonsumsi makanan ini.

Menjaga Keindahan Mata

Martabak telur, ternyata memiliki kandungan yang bermanfaat untuk memperindah dan mempercantik mata. Selain mata, martabak juga memiliki kandungan yang dapat mencerahkan dan mencegah penuaan dini pada kulit.

Mengubah Suasana Hati

Saat pikiran tidak menentu atau suntuk, cobalah untuk mengonsumsi makanan ini, karena kandungan yang ada di dalam makanan ini dapat merangsang hormon tertentu yang membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Gak nyangka ya readers, jika jajanan yang sering kita temui di malam hari ini memiliki pembahasan yang banyak.

Mulai dari sejarahnya yang jarang diketahui orang, kepopulerannya di berbagai negara, resep martabak telur yang sangat mudah, dan manfaat yang didapatkan jika mengonsumsinya.

Selamat mencoba resep martabak telur diatas ya readers, semoga kalian berhasil dan suka dengan hasil masakan kalian.