Resep Roti Maryam Berlapis Sederhana Khas Rumahan

Published by Amalia Muklis on

Kali ini kami akan menampilkan beberapa Resep Roti Maryam yang Berlapis dan Enak tentunya! yang sebelumnya kami membagikan artikel resep masakan telur.

Roti Maryam adalah roti khas dari Timur Tengah. Meski begitu, jenis roti ini sangat populer di Tanah Air. Selain itu cara membuat roti Maryam sangatlah mudah. Roti Maryam, juga dikenal sebagai kue canai / cane.

adalah roti pipih yang tidak menggunakan pengembang. Makanan jenis ini biasanya digunakan sebagai makanan pokok atau snack dan disantap bersama makanan pendamping atau hidangan lainnya.

Biasanya roti mariam yang bisa dimakan dengan kari, atau bisa ditambahkan saus coklat, madu, keju dan topping lainnya untuk menambah rasa. Di Singapura, roti jenis ini disebut roti prata.

Bentuk dan bahannya mirip dengan Polo Tower of Kerala. Roti ini sangat pipih karena dibuat dengan cara diencerkan lalu dilipat dan dipanggang dengan minyak.

Roti Maryam adalah makanan yang sebagian besar bahannya dibuat dari Tepung, Air dan Minyak yang dicampurkan menggunakan  mesin pembuat roti  atau familiarnya disebut mixer dan dipanggang menggunakan panggangan yang diolesi dengan minyak hingga matang sempurna

Sebelumnya kami membagikan artikel resep masakan telur dan kali ini kami dari dayyapack akan menampilkan artikel Aneka Resep Roti Maryam Kekinian yang Mudah tentunya.

A. Sejarah Roti Maryam

roti maryam

Roti adalah kata bahasa Inggris untuk roti Urdu, Melayu dan Indonesia. Canai bisa merujuk pada nama Chennai di India, channa food di India, atau canai (Melayu) yang berarti adonan dalam bahasa Melayu.

B. Topping Khas untuk Pendamping Roti Maryam

roti maryam gulai ayam

  • Kuah Kari Ayam 

Salah satu produk ayam paling populer di Indonesia adalah ayam kari. Kuah kuningnya penuh bumbu dan sangat cocok disantap dengan roti maryam. Apalagi jika menggunakan ayam kampung yang rasanya lebih enak.

Kuahnya terasa lebih enak di lidah. Bagaimana cara membuat kari ayam yang enak? Di sini, kami perkenalkan resepnya untuk Anda. Sesuaikan takaran santan untuk mendapatkan kekentalan kuah yang diinginkan. Pasalnya, tidak semua orang menyukai kari kental.

  • Gulai Kambing 

Gulai kambing adalah salah satu menu masakan khas yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat kita. Setiap kali menjelang idul fitri, saat perayaan Idul Adha atau hari spesial yang lain.

gulai kambing sering menjadi menu masakan yang harus selalu ada. Bahkan, di beberapa daerah di Jawa Tengah, khususnya Yogyakarta, menu gulai dan tongseng kambing merupakan sajian wajib yang harus ada saat memperingati 1000 hari salah satu keluarga yang meninggal.

Untuk menghasilkan gulai kambing khas Jawa dan Arab sangatlah mudah. Setiap orang pada dasarnyabisa membuatnya, karena tidak membutuhkan skill memasak khusus.

bahan untuk membuat gulai kambing yang lezat juga bisa dengan mudah di pasar tradisional. Berikut ini kami berikan dua resep membuat gulai kambing ala Arab dan gulai kambing ala Jawa yang tentunya lezat.

  • Gulai Kacang Hijau

Sebagian besar masyarakat Surabaya sudah mengenal masakan khas timur tengah bernama gulai. Pada umumnya, gulai disajikan ke dalam bentuk berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan.

atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercitarasa gurih. Namun, di Surabaya ada gulai yang dicampur dengan kacang ijo dibalut lontong atau roti maryam.

Gulai kacang ijo yang diolah memiliki kesamaan dengan gulai kambing pada umumnya, namun yang membedakan hanya rempah-rempah yang dipakai untuk mengelolanya.

ternyata banyak ya olahan dari kacang hijau ini, bukan hanya kudapan yang manis seperti resep bakpia pathok , ternyata kacang hijau bisa diolah menjadi kuah gulai kacang hijau khas surabaya.

C. Macam – Macam Penyebutan Roti Maryam di Berbagai Negara :

roti maryam

Meskipun roti bukan merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia, namun merupakan makanan yang sangat familiar. Saat nasi belum matang, hampir setiap rumah menyediakan roti, makanan ringan, atau rasa lapar.

Ragi ditambahkan ke roti biasa agar mengembang dan lembut. Namun, tidak semua roti mengandung ragi. Di dunia ini, ada roti yang tidak memiliki ragi, sehingga tidak akan mengembang atau bahkan rata.

  • Tortilla

ini adalah kue pipih khas meksiko. Ada banyak jenis tortilla, tergantung bahan dasarnya. Beberapa orang menggunakan jagung dan gandum. Ini sering digunakan sebagai alias kemasan untuk kertas pembungkus makanan (seperti lumpia). Di Meksiko, tortilla diolah menjadi beberapa makanan lezat, seperti keripik jagung, tortilla, quesadillas, dll.

  • Roti Canai

Di Indonesia disebut roti Maryam. Nama asli roti pipih ini adalah roti canai, yaitu sejenis roti yang dipengaruhi oleh negara bagian India.berwarna Kuning muda, lalu pipih tapi bulat dan direkatkan.

Saat dimasak, pancake India berubah menjadi coklat. Biasanya dimakan dengan gulai kambing atau kari daging dengan kuah kental. Selain di Indonesia, roti ini juga ada di Malaysia dan Singapura.

  • Lavash

Roti jenis ini disebut juga Lavase dan merupakan makanan pokok masyarakat Turki, Armenia, Persia, Iran atau Azerbaijan. Roti ini dibuat hanya dari bahan sederhana yaitu tepung terigu, air dan garam.

Setelah diolah, roti tidak lagi rata dan licin, melainkan terdapat gumpalan di tengahnya. apa kalian tahu Pada 2014, roti ini terdaftar sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO oleh salah satu budaya Armenia lho.

  • Piadinna

nama lainnya adalah piada, yang merupakan roti pipih Italia. Roti jenis ini sering digunakan di Romagna, seperti Forli, Cesena, Ravenna dan Rimini di Italia. Terbuat dari tepung terigu, garam, air dan lemak babi.

Lemak babi bisa diganti dengan minyak zaitun. Cara pembuatannya masih menggunakan cara tradisional yaitu menggunakan piring keramik yang disebut teggia.

Piadina biasanya digunakan sebagai isian berupa keju, sayur mayur, dan ham kering tipis. Terkadang juga mengandung isian manis, seperti selai kacang atau selai cokelat.

  • Pitta

Ini lebih tebal dari roti pipih lainnya dan memiliki rongga di tengahnya. Roti ini digunakan dalam berbagai masakan Timur Tengah. Biasanya isian untuk bagian tengah, seperti sayur, daging, telur, dll. pitta Ini juga dapat digunakan untuk membungkus kebab, salad gyros, falafels atau taramosalata.

D. Dampak Terlalu Banyak Mengonsumsi Tepung / Gluten

Saat ini kita perlu menjaga pola makan kita agar tubuh kita bisa mendapatkan nutrisi yang tepat. Saat ini banyak makanan yang mengandung cukup zat, jika zat tersebut dikonsumsi dalam jumlah banyak akan sangat berbahaya.

Salah satunya adalah gluten. Gluten adalah protein umum dalam gandum. Gluten sendiri mengandung peptida, yaitu protein yang dapat menurunkan kekebalan. Secara khusus, hal ini akan berdampak pada penderita obesitas, kelelahan kronis, dan gangguan pencernaan.

  • Penyakit Sistem Pencernaan

Jika Anda makan terlalu banyak makanan yang mengandung gluten, hal itu dapat memengaruhi pencernaan Anda. Peptida yang masuk melalui makanan yang mengandung gluten ternyata bisa menyebabkan masalah pencernaan. Sebaiknya hindari atau kurangi makanan yang tinggi gluten.

  • Mengalami Malnutrisi

Bukan hanya sistem pencernaan Anda saja yang jadi masalah, saat Anda mengonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi gluten, Anda tidak akan bisa mendapatkan nutrisi apa pun yang memenuhi kebutuhan tubuh.

Oleh karena itu, Anda mungkin mengalami kekurangan gizi. Lebih buruk lagi, Anda mungkin kekurangan gizi. Selain itu, organ-organ tertentu di tubuh Anda dapat mengalami kerusakan.

  • Penyakit Lambung

Saat Anda makan banyak gluten, kesehatan Lambung Anda akan terpengaruh. Makan terlalu banyak makanan yang mengandung gluten justru bisa membuat perut Anda mual. Tak hanya itu, makanan yang mengandung gluten juga bisa mengiritasi dan mengiritasi perut Anda. Tentunya hal ini akan mengganggu pencernaan Anda.

  •  Infeksi Tenggorokan

Jika Anda makan terlalu banyak gluten, organ lain yang memengaruhi tubuh adalah tenggorokan. Kandungan gluten sebenarnya bisa mengiritasi tenggorokan dan membuat Anda sulit makan.

Jadi ketika memakan banyak makanan mengandung tepung atau gluten ternyata banyak ya dampak negatifnya, makan atau meminum apapun apabila terlalu banyak juga tidak baik ya.

E. Aneka Resep Roti Maryam Berlapis Sederhana Khas Rumahan

  • Resep Roti Maryam Sederhana

Bahan-Bahan:

  • 500 gr tepung terigu
  • 2 sdt garam
  • 200 ml air
  • 2 butir telur ayam
  • 150 ml minyak goreng
  • 75 gr  mentega

Cara Membuat Roti Maryam Sederhana:

  1. Masukkan tepung terigu dalam wadah yang cukup besar.
  2. Masukkan telur ayam, garam, dan air kira-kira 50 ml. Aduk hingga campuran merata. Uleni adonan sambil sesekali dibanting sehingga adonan menjadi kalis.
  3. Ambil adonan dan buat bulatan, lalu masukkan ke dalam wadah yang bisa ditutup. Kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam sehingga adonan mengeras.
  4. Setelah kurang lebih 2 jam, ambil adonan bulat kemudian potong atau iris-iris. Pisahkan setiap 50 gr irisan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  5. Ambil adonan yang diiris kemudian kembali iris dengan menggunakan tangan.
  6. Ambil wadah besar, olesi dengan minyak goreng. Ambil irisan adonan lalu bentangkan sehingga keluar guratan tipis. Perciki dengan menggunakan mentega cair. Kemudian satukan guratan adonan tersebut. Gulung hingga berbentuk bulatan padat.
  7. Masukkan dalam kulkas dan diamkan selama 15 menit.
  8. Keluarkan adonan, tuang minyak dalam wajan anti lengket. Masukkan adonan kemudian pipihkan dengan menekan permukaan adonan di atas wajan.
  9. Tuang minyak dalam penggorengan dan panaskan dengan menggunakan api sedang.
  10. Masukkan adonan dan masak satu per satu hingga matang. Angkat dan tiriskan.
  11. Sajikan dengan menggunakan berbegai topping sesuai selera.
  • Resep Roti Maryam Cokelat Keju

Bahan-Bahan:

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 butir telur
  • 1 sdm susu coklat
  • 5 sdm margarin
  • 2 sdm minyak sayur
  • 5 sdm gula halus atau gula pasir
  • Garam 

Cara Membuat Roti Maryam Cokelat Keju:

  1. Campurkan semua bahan. Uleni hingga kalis atau tidak lengket.
  2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit jika adonan masih terasa kasar.
  3. Tutup adonan roti dengan kain yang agak basah. Diamkan selama sekitar 1 jam.
  4. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian
  5. Ambil satu bagian, lalu bentuk menjadi bulat seperti bola pingpong dan pipihkan.
  6. Beri olesan margarin di permukaanya hingga merata
  7. Gulung adonan dari ujung ke ujung ke tengah hingga adonan memanjang berbentuk seperti tali.
  8. Gulung kembali adonan dari kedua ujung seperti bentuk konde hingga bertemu di tengah.
  9. Lalu tumpuk menjadi satu dan pipihkan.
  10. Masak pada teflon di atas api kecil sampai matang merata.
  11. Angkat dan beri topping coklat. Roti maryam coklat siap dinikmati.
  • Resep Roti Maryam Kari Ayam

Bahan untuk Membuat Roti Maryam:

  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 ml susu cair
  • 1 butir telur
  • 5 sdm margarin cair
  • 5 sdm minyak goreng
  • ½ sdt garam
  • Air secukupnya

Bahan untuk Membuat Kuah Kari Ayam:

  • 1/2 ekor ayam potong ukuran kecil-kecil
  • 4 buah kentang sedang, potong dadu
  • bawang goreng secukupnya

Bahan Bumbu Halus:

  • 6 siung bawang putih
  • 2 sdt jintan
  • 4 buah cabe keriting
  • 2 lembar daun salam
  • 150 ml santan kental
  • 7 siung bawang merah
  • 7 buah cabe rawit atau sesuai selera
  • 2 cm ruas jahe
  • 2 sdt ketumbar bubuk
  • gula dan garam secukupnya
  • 2 sdt lada bubuk
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 1 sdm bubuk kari
  • 3 lembar daun jeruk, buang tulangnya
  • 300 ml santan cair
  • air matang secukupnya

Cara Membuat Roti Maryam Kari Ayam:

  1. Campurkan semua bahan. Uleni hingga kalis atau tidak lengket.
  2. Tambahkan air hangat sedikit demi sedikit jika adonan masih terasa kasar.
  3. Tutup adonan roti dengan kain yang agak basah. Diamkan selama sekitar 1 jam.
  4. Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian
  5. Ambil satu bagian, lalu bentuk menjadi bulat seperti bola pingpong dan pipihkan.
  6. Beri olesan margarin di permukaanya hingga merata
  7. Gulung adonan dari ujung ke ujung ke tengah hingga adonan memanjang berbentuk seperti tali.
  8. Gulung kembali adonan dari kedua ujung seperti bentuk konde hingga bertemu di tengah.
  9. Lalu tumpuk menjadi satu dan pipihkan.
  10. Masak pada teflon di atas api kecil sampai matang merata.
  11. Di tempat lain buat gulai ayam, tumis bumbu halus, lengkuas, daun jeruk dan daun salam hingga harum.
  12. Masukkan ayam dan aduk rata hingga warnanya berubah. Tambahkan kentang dan santan encer.
  13. Aduk sampai ayam matang.
  14. Tambahkan santan kental dan masak kembali sampai ayam matang dan kentang empuk.
  15. Taburi bubuk kari, gula pasir dan garam. Koreksi rasa.
  16. Masak hingga teksturnya sedikit lebih kental.
  17. Taruh bawang goreng di atasnya. Keluarkan dan sajikan dengan roti mariyam.
  • Resep Roti Maryam Isi Daging

Bahan-Bahan:

  • 12 sdm tepung terigu
  • 1 butir telur ayam, kocok
  • 1 sachet susu kental manis vanila, larutkan dengan 50 ml air panas
  • 1/2 sdt garam atau sesuai selera
  • gula secukupnya
  • margarin cair 
  • minyak goreng

Bahan untuk Isian

  • 3 lembar daging asap
  • 1/2 siung bawang bombay ukuran kecil
  • 1 siung bawang putih
  • 1/2 buah tomat
  • 3 sdm keju parut
  • merica
  • garam secukupnya
  • penyedap rasa
  • pala bubuk secukupnya
  • 1 sdt maizena, encerkan sedikit air dan santan

    Cara Membuat Roti Maryam Isi Daging:

    1. Campur tepung, susu kental manis yang sudah dicampur air panas, telur kocok, garam, gula, margarin cair.
    2. Uleni adonan sampai kalis atau tidak lengket di tangan, tambahkan sedikit minyak, aduk kembali.
    3. Ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulatan kecil.
    4. Lumuri dengan minyak goreng secara merata.
    5. Ulangi hingga adonan habis.
    6. Tutup dengan kain, diamkan hingga 1 jam.
    7. Buat isian. Cincang halus daging asap, bawang Bombay, bawang putih, dan tomat, kemudian tumis.
    8. Masukkan tomat parutan dan keju.
    9. Tambahkan penyedap rasa, pala bubuk, merica, dan garam.
    10. Masukkan sedikit maizena dan santan.
    11. Aduk rata hingga matang dan angkat.
    12. Ambil adonan bulat, gilas sampai agak tipis.
    13. Olesi dengan margarin cair dan tambahkan isian, jangan tidak perlu penuh, tekan sedikit.
    14. Gulung kecil memanjang kemudian bentuk bulatan melingkar seperti konde. Ulangi langkah sampai adonan habis.
    15. Tekan kembali adonan, hingga ketebalannya kurang lebih 1 cm.
    16. Olesi dengan margarin cair.
    17. Masak adonan di atas teflon tanpa minyak dengan api kecil hingga kecoklatan.
    18. Roti maryam isi daging siap dihidangkan.

    Nah ini dia beberapa resep roti maryam yang enak dan mudah dibuat, tentunya apalagi saat terjadi pandemi Covid-19 jangan sampai kita sering keluar rumah.

    Kamu tinggal mempraktekkan resep-resep di atas dan tidak akan bosan, karena resep roti maryam yang kami bagikan sangat berbeda. Terakhir, praktekkan dan nikmati resepnya kali ini, ok!


    0 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *