Resep Semur Telur Enak dan Lezat, Ada yang Dari Betawi

Published by Ni Kadek Cessica Natalie Regep on

Malas dengan olahan telur ceplok atau dadar? Yuk cobain resep semur telur supaya olahan telur yang kalian tahu gak cuma dadar dan ceplok!

Semur telur merupakan hidangan asli dari Indonesia yang diolah dalam kuah berwarna cokelat pekat yang terbuat dari kecap manis, bawang merah, bawang bombay, pala dan cengkih.

Awalnya semur dihidangkan dengan daging rebus dan disajikan dengan menambahkan tahu, tempe, ikan, dan bahan lainnya.

Namun, seiring berkembangnya jaman mulai bermunculan aneka masakan semur yang lebih inovatif, seperti resep semur telur.

Kecap manis yang terbuat dari kedelai hitam merupakan bahan paling penting dalam proses pembuatan semur karena berfungsi untuk menguatkan cita rasa, tetapi harus tetap menyatu harmonis dengan bahan-bahan lainnya.

Selain kecap manis, pengolahan daging sapi juga memegang peranan penting dalam resep semur daging sapi.

Perlu diperhatikan ukuran daging sapi yang akan diolah serta mengolahnya dengan proses pemasakan lambat atau slow cooking sehingga daging dapat matang merata dengan merata, emput, dan nikmat di lidah.

Semur adalah bahasa Belanda “Smoor” yang artinya masakan itu telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan-lahan.

Braising atau “Smoor” adalah teknik masak dengan cara merebus lama menggunakan api kecil hingga daging empuk.

Sejarah dan Asal Mula Semur

resep semur telur

Sejarah menyatakan bahwa hidangan daging rebus berbumbu di Indonesia ternyata telah dikenal sejak abad ke-9 Masehi.

Hal ini dapat dilihat pada kakawin, relief candi dan prasasti di Jawa yang menceritakan “Ganan, hadanan prana wdus” atau disediakan sayuran kerbau dan kambing. Tetapi hidangan daging tersebut adalah mirip semur belum dapat dipastikan.

Sejak berabad-abad lalu, Indonesia yang terletak di jalur perdagangan dunia memiliki letak yang sangat strategis sehingga dikenal sebagai kawasan yang memiliki kekayaan alami rempah-rempah.

Eksotisme kekayaan rasa dari rempah-rempah kemudian mengundang minat para pedagang dan pendatang dari berbagai bangsa untuk datang ke Nusantara dan melakukan ekspedisi.

Pedagang dan pendatang yang dating ke Indonesia masing-masing membawa budaya yang lambat laun berbaur dengan keseharian masyarakat asli Indonesia pada saat itu.

Kemudian terjadilah pembauran yang menciptakan interaksi budaya dan mengembangkan berbagai tradisi nusantara yang istimewa, termasuk di bidang kuliner.

Citarasa khas yang dihasilkan dari rempah-rempah Indonesia berpadu dengan berbagai variasi teknik pengolahan makanan menghasilkan kreasi hidangan unik seperti Semur, yang sudah ada dari tahun 1600.

Di masa penjajahan, banyak masyarakat Indonesia yang berinteraksi secara langsung dengan orang-orang Belanda tersebut, mulai dari bekerja menjadi buruh, pembantu, hingga terlibat pernikahan.

Semur yang sering dijadikan menu utama dalam perjamuan bangsa Belanda ini berasal dari kata ‘smoor’ (bahasa Belanda) menjadi ‘semur’ (bahasa serapan).

‘Smoor’ dalam bahasa Belanda artinya masakan yang telah direbus dengan tomat dan bawang secara perlahan.

Groot Nieuw Volledig Oost-Indisch Kookboek yang terbit pada 1902, merupakan salah satu buku resep tertua dan paling lengkap mendokumentasikan resep masakan di Hindia Belanda.

Buku tersebut memuat enam resep semur (Smoor Ajam I, Smoor Ajam II, Smoor Ajam III, Smoor Bandjar van Kip, Smoor Banten van Kip, Solosche Smoor van Kip).

Di dalam buku tersebut ditegaskan bahwa smoor yang kemudian dilafalkan sebagai semur adalah masakan yang dikembangkan di dalam dapur Indis, kaum peranakan Eropa.

Semur di Indonesia

Seiring waktu berjalan, Semur lambat laun mulai melekat menjadi tradisi bangsa Indonesia dan dihidangkan di berbagai perhelatan adat.

Di Betawi, masyarakatnya menjadikan Semur sebagai bagian dari tradisi yang selalu dihidangkan saat Lebaran dan acara perkawinan.

Tak cuma di kebudayaan Betawi saja terkenal, Semur juga kerap muncul pada acara-acara perayaan di berbagai penjuru nusantara seperti Kalimantan dan Sumatra.

Pastinya, dengan citarasa dan tampilan yang disesuaikan dengan selera masyarakat setempat.

Semur adalah hidangan yang awalnya merupakan daging sapi diolah dalam kuah berwarna coklat pekat.

Tetapi kemudian dikreasikan dengan daging kambing, ayam, telur, juga untuk produk nabati, seperti tahu, tempe, terong, dan lainnya.

Hidangan semur menjadi sajian sehari-hari yang umum di Indonesia. Jadi, tak heran apabila semur ditemukan di berbagai wilayah Indonesia dengan ragam citarasanya.

Semur merupakan salah satu contoh seni kuliner hasil interaksi berbagai suku bangsa di Indonesia yang diwariskan secara turun-menurun dalam suatu masyarakat tertentu sebagai salah satu identitas.

Jadi bisa dikatakan bahwa Semur adalah sebuah bagian identitas budaya kuliner Indonesia.

Bahan Utama Resep Semur Telur, Apa Saja Kandungan Gizi Telur dan Daging?

Tak bisa dipungkiri lagi, jika kita memasak resep semur telur tak lupa juga menambahkan daging yang diikuti bahan lainnya, seperti kentang.

Dibalik nikmatnya semangkuk semur yang kita nikmati, terdapat kandungan gizi luar biasa dalam tiap suapnya.

Telur

resep semur telur

Telur adalah sumber protein alami yang sangat popular dan dapat didapatkan dengan mudah. Kandungan telur juga cukup beragam dan meliputi banyak nutrisi.

Sebagian besar diantaranya seperti protein, vitamin, dan mineral. Selain mudah diolah menjadi menu yang lezat, telur juga memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan.

Resep semur telur bukanlah satu-satunya olahan telur yang bisa dibuat dirumah. Terdapat pula aneka resep masakan telur yang sangat kreatif yang dapat dicoba. Seperti membuat martabak telur, tamagoyaki, telur gulung, dan sebagainya.

Kandungan Gizi Telur

Dari data Food Data Central di Amerika, satu butir telur ayam rebus berukuran besar (50 gram) memiliki kandungan gizi sebagai berikut:

  • 78 kalori
  • 6 gram protein
  • 5 gram lemak
  • 62 mg sodium
  • 0,6 gram karbohidrat
  • 0,5 gram gula
  • 147 mg kolin
  • 0 gram serat

Kuning dan putih telur masing-masing memiliki kualitas gizi sendiri. Beberapa orang lebih menikmati salah satu bagiannya, sementara tidak sedikit yang suka menikmati keduanya.

Kuning telur merupakan bagian inti yang bergizi dan mengandung nutrisi seperti asam lemak esensial, vitamin, protein, dan mineral.

Kuning telur juga kaya akan rasa yang khas dan seringkali digunakan untuk menambah rasa dan menyatukan bahan.

Putihnya, selain melindungi kuning telur dari kerusakan, juga merupakan sumber nutrisi yang berkualitas tinggi.

Protein

Terkandung sekitar 5,2 gram hingga 7,5 gram protein dalam sebutir telur tergantung dari ukurannya.

Protein merupakan nutrisi yang penting untuk setiap orang demi mempertahankan tubuh yang kuat dan sehat. Sarapan dengan makanan yang mengandung protein dapat membantu mempertahankan energi fisik dan mental lho!

Karbohidrat

Sebutir telur dengan ukuran besar mengandung kurang dari 1 gram karbohidrat. Telur juga memiliki sedikit gula dan tanpa serat. Sehingga, telur merupakan makanan yang rendah karbohidrat.

Vitamin dan Mineral

Vitamin dan mineral sangat penting dalam menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan dan perbaikan tulang, gigi, dan organ kita.

Dalam telur terdapat vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh. Seperti, vitamin D (penting untuk penyerapan kalsium), fosfor, vitamin A (penglihatan yang sehat, kulit, dan pertumbuhan sel), dan vitamin B kompleks yang mengubah makanan menjadi energi.

Riboflavin, selenium, dan kolin juga terkandung dalam telur. Kolin bisa meningkatkan aktivita sel normal, fungsi hati, dan transportasi nutrisi ke seluruh tubuh. Di samping itu, kolin juga penting dalam pengembangan fungsi memori pada bayi.

Lemak

Sekitar 9% kandungan telur adalah lemak. Hampir seluruh lemak terkandung dalam kuning telur, kurang dari 0,5 persen terkandung pada putih telur.

Lemak yang terkandung di telur terdiri dari 38% lemak tidak jenuh tunggal dan 16% lemak tidak jenuh ganda.

Telur berukuran besar dapat mengandung 5 gram lemak, terdiri sekitar 1,6 gram lemak jenuh. Sisanya adalah lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal.

Kalori Dalam Telur

Sebutir telur memiliki rata-rata antara 54 sampai 80 kalori tergantung dari ukuran dan cara pengolahan. Telur berukuran sedang akan mengandung sekitar 65 kalori, telur kecil sekitar 55 kalori, dan telur besar sekitar 80 kalori.

Hampir sebagian besar kalori berasal dari kuning telur, yang merupakan bagian padat nutrisi dari telur dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting.

Daging

Sapi adalah daging yang sering digunakan sebagai olahan semur. Daging sapi adalah salah satu jenis daging yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Selain kelezatan rasanya, daging sapi tentunya menjadi sumber protein lain selain telur yang baik untuk tubuh. Bukan rahasia umum lagi jika daging sapi memberikan berbagai manfaat untuk tubuh.

Olahan daging sapi yang sangat populer salah satunya adalah sosis. Akhir-akhir ini peluang usaha makanan yang memiliki bahan sosis sedang meningkat.

Salah satunya adalah sosis telur, makanan tersebut bisa kalian buat dengan mudah menggunakan mesin sosis telur. Sehingga kalian gak perlu ribet lagi jika ingin membuat sosis telur dalam jumlah yang banyak.

Kandungan Daging Sapi

Keunggulan dari daging sapi adalah kadar sodiumnya yang rendah. Selain itu daging sapi adalah sumber dari protein, vitamin B3, vitamin B6, fosfor, zinc, dan vitamin B12.

Kekurangan daging sapi adalah keberadaan lemak jenuh dan kolesterol. Daging sapi juga mengandung sejumlah lemak trans.

Berikut adalah kandungan daging sapi per 100 gramnya dengan 10% lemak dan 90% daging tanpa lemak.

  • 176 kalori
  • 20 g protein
  • 0 karbohidrat
  • 69,5 gram air
  • 0 gula
  • 0 serat
  • 10 gram lemak
  • 65 mg kolesterol
  • 0,2 mg vitamin B2
  • 5,1 g vitamin B3
  • 0,4 mg vitamin B6
  • 6,0 mcg folat
  • 2,2 mcg vitamin B12
  • 2,2 mg zat besi
  • 20 mg magnesium
  • 184 mg fosfor
  • 321 mg kalium
  • 66 mg sodium
  • 4,8 mg zinc
  • 16,6 mcg selenium

Kandungan daging sapi di atas adalah kandungan daging dalam kodisi mentah, perubahan dapat terjadi pada jumlah nutrisi setelah daging sapi diolah.

Selain kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di daging sapi, dalam daging sapi terkandung zat bioaktif dan juga antioksidan yang tentunya juga baik untuk Kesehatan.

Kandungan senyawa yang cukup banyak dalam daging sapi adalah creatine, carnosine, taurine, glutathione, dan asam linoleat terkonjugasi.

Manfaat Daging Sapi

Jika dilihat dari berbagai kandungan daging sapi, berikut merupakan manfaat jika makan daging sapi yang bisa kalian dapatkan :

Meningkatkan Sistem Imun

Kandungan zat besi yang terkandung dalam daging sapi berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam tubuh, membantu proses metabolisme, dan menjaga suhu tubuh agar tetap stabil.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Protein hewani yang terkandung dalam daging sapi dapat membantu mempercepat penyembuhan luka. Penyebab luka terinfeksi adalah terhambatnya penyaluran oksigen ke jaringan yang rusak

Mineral yang terkandung dalam protein daging sapi dapat membantu penyembuhan, karena berperan mendistibusikan oksigen lewat darah.

Membantu Fungsi Jantung

Memakan olahan daging sapi dengan porsi yang tepat, seperti direbus atau dipanggang, dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Daging sapi tanpa lemak sangat baik pula untuk menjaga Kesehatan jantung.

Mencegah Anemia

Daging sapi menyediakan zat besi yang efektif dalam mencegah anemia. Karena dengan mengonsumsi daging sapi dapat mencukupi kebutuhan sel darah merah yang dibutuhkan tubuh.

Selain itu, zat besi dalam daging sapi juga memberi nutrisi kepada anak sehingga dapat menunjang pertumbuhan.

Resep Semur Telur Mudah Dibuat

resep semur telur

Jika biasanya kalian memakan semur isinya hanya daging, cobain aneka resep semur telur dibawah ini deh, ada yang dari Betawi loh…

Resep Semur Telur Kentang

Bahan-bahan :

  • 3 butir telur (rebus terus goreng)
  • 1 kentang (kupas potong goreng)

Bumbu:

  • 4 siung bawang merah iris tipis
  • 1 bawang bombai iris
  • 1 tomat potong dadu
  • 2 siung bawang putih iris tipis
  • 1 sdm saus tomat
  • 1/2 sdm saus tiram
  • Pelengkap garam, gula, lada, kecap manis, penyedap rasa (optional)

Cara Membuat Semur Telur Kentang :

  1. Tumis bawang merah, bawang putih, bombai sampai harum dan layu.
  2. Masukkan saus, masukkan pelengkap rasa (hati-hati masukkan garam karena saus tiram sudah asin jadi sebelum masukkan garam dirasa dulu).
  3. Tambahkan air 80 ml, masukkan kentang dan telur, masak sampai mendidih. Siap disajikan.

Resep Semur Telur Puyuh

Bahan-Bahan :

  • 1/4 telur puyuh (rebus, kupas kulitnya, goreng)
  • 7 potong tahu sutra (potong sesuai selera, goreng hingga bagian luarnya kering)
  • Minyak goreng (secukupnya)
  • 1 batang daun bawang (cincang halus)
  • 3 siung bawang putih (memarkan, iris tipis)
  • 5 siung bawang merah (iris tipis)
  • 1 buah bawang bombay (iris tipis)
  • Merica bubuk (secukupnya)
  • 2 cm jahe (memarkan)
  • Garam (secukupnya)
  • Gula (secukupnya)
  • Kecap manis (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
  • Cabai rawit (serong tipis, secukupnya sesuai selera)

Cara Membuat Semur Telur Puyuh :

  1. Siapkan semua bahan.
  2. Panaskan minyak goreng lalu tumis bawang merah, jahe, bawang putih dan bawang bombay hingga harum.
  3. Masukkan telur puyuh dan tahu sutra ke dalam wajan.
  4. Tambahkan daun bawang, garam, gula, merica bubuk dan kecap manis secukupnya.
  5. Supaya rasa semur makin mantap, tambahkan kaldu ayam dan cabai rawit sesuai selera.
  6. Tambahkan sedikit air dan masak semur hingga mendidih, matang dan bumbu meresap.
  7. Hidangkan semur yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Resep Semur Telur Daging

Bahan-Bahan :

  1. 1/2 kg daging sapi
  2. 8 buah bawang merah
  3. 5 buah bawang putih
  4. 5 buah rawit merah
  5. 1 batang serai
  6. 2 buah kemiri
  7. 1 buah tomat
  8. 5 buah telur
  9. 1 biji pala
  10. 1 buah kayu manis
  11. 4 buah cengkeh
  12. 1 lembar daun jeruk
  13. 1/4 ruas jahe
  14. Kecap manis secukupnya
  15. Lada bubuk secukupnya
  16. Garam secukupnya

Cara Membuat Semur Telur Daging :

  1. Rebus telur hingga matang. Dan rebus daging sapi hingga setengah matang.
  2. Ulek bawang merah, bawang putih, merica, rawit. Tumis sebentar.
  3. Masukkan kaldu daging, daging, kemiri halus, jahe geprek, serai geprek, daun jeruk, pala, kayu manis, dan cengkeh. Beri kecap manis.
  4. Masukkan tomat, daging sapi lalu telur.
  5. Tambahkan lada bubuk dan garam sesuai selera, koreksi rasa. Aduk hingga benar-benar matang.

Resep Semur Telur Tahu

Bahan-Bahan :

  • 4 buah tahu, belah 2 lalu goreng
  • 4 butir telur, rebus lalu kupas
  • 1 batang serai, memarkan
  • 2 cm lengkuas, memarkan
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sendok makan gula merah, sisir
  • 5 sendok makan kecap manis (sesuai selera)
  • 1/2 gelas air
  • Secukupnya garam dan lada bubuk
  • Secukupnya bawang goreng untuk taburan

Bumbu Halus :

  • 5 butir bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 4 butir kemiri
  • 1 sendok teh merica butiran
  • 1/4 buah pala

Cara Membuat Semur Telur Tahu :

  1. Tumis bumbu halus sampai wangi, tambahkan serai, daun salam dan lengkuas, aduk rata, tambahkan air, masukkan gula merah, kecap manis, garam dan lada bubuk, aduk-aduk dan biarkan mendidih.
  2. Setelah mendidih masukkan tahu dan telur, kecilkan api, masak sampai bumbu meresap, matikan api, taburi bawang goreng, sajikan.

Resep Semur Telur Betawi

Bahan-Bahan :

  • 500 gram telur, rebus, kupas
  • 400 gram kentang, kupas, potong dadu
  • 10 buah tahu putih kecil
  • 1 liter air
  • 3 sdm minyak, untuk menumis
  • Bumbu yang dihaluskan
  • 8 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 buah pala
  • 1 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt kaldu instan

Bumbu Lainnya :

  • 6 buah cengkih
  • 2 cm kayu manis
  • 8 sdm kecap manis
  • 1 sdt gula pasir

Cara Membuat Semur Telur Betawi :

  1. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum. Tambahkan air dan bumbu lainnya. Masak hingga mendidih;
  2. Masukkan telur, kentang, dan tahu. Masak hingga bumbu meresap dan kuah tinggal sedikit. Angkat, sajikan.

Hmmm..pasti enaknya kalau kita menikmati semur yang hangat di cuaca yang sedang dingin. Selamat mencoba dirumah ya readers…. semoga kalian berhasil membuat resep di atas dan suka dengan hasilnya.