Resep Telur Gulung Kekinian, Rasanya Makin Variatif dan Mantap

Published by Ni Kadek Cessica Natalie Regep on

Salah satu olahan telur yang sedang populer dan banyak diminati adalah resep telur gulung. Telur gulung adalah olahan telur goreng kemudian digulung menggunakan tusukan yang terbuat dari kayu pohon bambu.

Telur gulung adalah olahan yang sering kita temui dijual oleh pedagang kaki lima yang berjualan didepan sekolah.

Resep telur gulung, sesuai namanya memiliki bahan utama yaitu telur. Telur yang seringkali kita olah adalah telur dari ayam petelur ras dan telur ayam kampung.

Kalian mungkin sering menjadikan telur sebagai lauk pauk atau bahan campuran kue, seperti resep bolu kukus yang memerlukan telur. Namun, bisa jadi kalian belum mengetahui fakta dan sejarah tentang telur.

Sejarah Telur Ayam di Indonesia

resep telur gulung

Menginjak awal tahun 1900-an, ayam liar tetap pada tempatnya akrab dengan pola kehidupan masyarakat dipedesaan. Memasuki tahun 1940-an, orang mulai mengenal ayam lain selain ayam liar.

Dari sini, orang-orang mulai membedakan antara ayam orang Belanda (Bangsa Belanda saat itu menjajah Indonesia) dengan ayam liar di Indonesia.

Ayam liar ini kemudian dinamakan ayam lokal yg kemudian disebut ayam kampung karena keberadaan ayam itu memang di pedesaan.

Sementara ayam dari orang Belanda disebut dengan ayam luar negeri yang kemudian lebih akrab dengan sebutan ayam negeri. Ayam semacam ini masih bisa dijumpai di tahun 1950-an yg dipelihara oleh beberapa orang penggemar ayam.

Hingga akhir tahun 1980-an, orang Indonesia tidak banyak mengenal klasifikasi ayam. Saat itu, ayam yang ada dianggap ayam kampung saja.

Bila telurnya enak dimakan maka daging ayamnya juga enak dimakan. Namun, pendapat tersebut tidak benar, faktanya ayam negeri atau ayam ras bertelur banyak tetapi dagingnya tidak enak.

Ayam pertama yang masuk dan mulai diternakkan pada periode ini adalaah ras petelur White Leghorn yang kurus setelah habis masa produktifnya. Daging ayam ras cukup lama tidak memiliki peminat hingga akhir periode 1990-an.

Saat itu mulai merebak peternakan ayam broiler (ayam pedaging) dan ayam petelur cokelat mulai menjamur. Disinilah masyarakat sadar bahwa ayam ras mempunyai klasifikasi petelur yang handal dan pedaging yang enak.

Setelah itu mulailah persaingan tajam antara telur ayam kampung dan ayam ras, begitupun daging ayam kampung dan ayam ras. Persaingan inilah yang menandakan maraknya peternakan ayam petelur di Indonesia.

Konsumsi Telur Ayam Kampung atau Telur Ayam Ras?

Resep telur gulung salah satu olahan yang mudah dibuat serta kaya akan protein. Menurut informasi yang kalian dapatkan setelah membaca sejarah mengenai telur.

Di Indonesia terkenal dengan dua jenis telur, yaitu telur ayam kampung dan telur ayam ras.

Kira-kira selain nama telur dan ras ayamnya yang berbeda, apakah kalian tau perbedaan lain dari kedua telur ayam terkenal tersebut?

Apa Perbedaan Telur Ayam Kampung dan Telur Ayam Ras?

Ayam kampung atau ayam liar, yang biasanya dipelihara tanpa menggunakan kandang atau tempat khusus.

Ayam kampung akan memakan makanan yang ada di sekitar mereka. Contohnya memakan cacing, biji-bijian, serangga, dan bahkan ulat.

Ayam kampung memiliki kemampuan adaptasi yang luar biasa baiknya. Sehingga ayam kampung dapat mengantisipasi perubahan iklim dengan baik jika dibandingkan dengan ayam ras

Ukuran telur yang dihasilkan ayam kampung juga lebih kecil dibandingkan dengan telur ayam yang di jual di pasaran.

Kira-kira, telur ayam kampung mempunyai berat sekitar 27 gram hingga 56 gram per butirnya. Meski berukuran lebih kecil, harga telur ayam kampung ini terbilang lebih mahal dibanding telur ayam negeri.

Jika dibandingkan, keduanya punya beberapa ciri khas yang berbeda, yaitu:

  • Cangkang telur ayam kampung lebih putih, sementara telur ayam negeri berwarna kecokelatan.
  • Ukuran telur ayam negeri lebih besar dan punya cangkang yang teskturnya kasar.
  • Warna kuning telur ayam kampung lebih oranye. Sedangkan telur ayam negeri isi telurnya berwarna kuning cerah.

Apakah Nutrisi Kedua Telur Ayam Tersebut Sama?

Jelas beda, dari jenis ras ayam dan telurnya pasti memiliki kandungan nutrisi yang berbeda.

Pada jumlah 80 gram sampai 100 gram telur ayam ras negeri memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti 150 kalori, 12,5 gram protein, 1 gram karbohidrat dan 10 gram lemak.

Sementara pada telur ayam kampung memiliki kandungan energi sebanyak 150 kalori, 13 gram protein, 10 gram lemak, dan 1,5 gram karbohidrat.

Jika dibandingkan maka, kandungan protein dan karbohidrat pada telur ayam kampung sedikit lebih banyak ketimbang telur ayam negeri.

Hmm, Sehat Mana?

Pada dasarnya kedua jenis telur tersebut memiliki manfaat yang sama sehatnya. Namun, menurut pendapat para peneliti dari Pennsylvania State University mengatakan, ayam kampung menghasilkan telur dengan nutrisi yang lebih tinggi.

Mengapa demikian? Karena ayam kampung, menghasilkan telur yang mengandung vitamin E dan lemak yang jumlahnya 2 kali lipat lebih banyak dibanding ayam biasa.

Vitamin E dan lemak sangat baik untuk kesehatan jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, fungsi penglihatan, fungsi otak, hingga kesehatan jantung.

Selain itu, cara pemeliharaan ayam juga menjadi pengaruh dari seberapa banyak kandungan gizi di masing-masing telur ayam.

Ayam kampung memiliki gizi lebih tinggi memang karena pakannya terbuat dari bahan-bahan alami seperti tanaman hijau, hewan serangga dan ayam kampung mendapatkan udara alami lebih banyak.

Jika dibandingkan dengan ayam negeri yang diternakkan di dalam ruangan, dan makannya pun diatur dan diolah sedemikian rupa oleh peternak.

Hasilnya pun, kandungan gizi di dalamnya memang cukup tapi tidak berlebih seperti ayam kampung.

Manfaat Telur

resep telur gulung

Dimana ada putih telur, disitu ada kuningnya. Meskipun keduanya berada dalam satu cangkang yang sama, namun keduanya memiliki manfaat yang berbeda.

Akan tetapi secara utuh telur adalah sumber protein lengkap berkualitas tinggi dengan kalori yang rendah.

Dalam sebutir telur terkandung 5,5 gram protein dalam 68 kalori keseluruhan. Dalam telur terkandung salah satu gizi bernama kolin yang sangat penting bagi tubuh, sayangnya tidak diproduksi oleh tubuh sesuai dengan kebutuhan.

Tanpa adanya zat gizi tersebut, kalian bisa kekurangan nutrisi penting lainnya, seperti asam folat. Bagian mana telur yang mengandung nol kolesterol? Lalu bagian mana yang memiliki banyak vitamin? Semua jawaban ada di bawah ini.

Kuning Telur

Vitamin yang Berlimpah

Kandungan vitamin kuning telur lebih banyak dibandingkan dengan putih telur. Tiap kuning telur terkandung tujuh vitamin, yaitu B6, folat, vitamin B, B-12, A, D, E, dan K.

Vitamin-vitamin tersebut hanya dapat ditemukan di dalam kuning telur, dan tidak ada di putihnya. Bahkan, kuning telur merupakan salah satu dari segelintir makanan yang mengandung vitamin D alami.

Kaya Dengan Mineral

Seperti halnya vitamin, mineral sangat penting untuk membangun pertahanan nutrisi, yang bisa melaksanakan fungsi tubuh seperti menyeimbangkan elekrolit.

Kuning telur dan putihnya masing-masing memiliki 13 mineral. Mineral tersebut termasuk kalsium, magnesium, zat besi, kalium, natrium, dan selenium.

Meskipun kedua bagian telur memiliki mineral tersebut, jumlah mineral yang terkandung dalam kuning telur lebih besar daripada putih telur. Seperti, sebanyak 90% kalsium dan 93% zat besi pada telur terdapat di kuningnya.

Bagus Untuk Kesehatan Mata

Karotenoid yang terkandung dalam kuning telur, terutama karotenoid lutein dan zeaxanthin, memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan Kesehatan mata.

Karotenoid memiliki pigmen warna-warni yang memberikan kuning telur berwarna. Zat itu dapat menurunkan risiko yang berkaitan dengan usia, seperti degenerasi makula dan katarak. Karotenoid juga bertindak sebagai antioksidan yang menangkal radikal bebas pada retina.

Jika retina mengalami gangguan ataupun kerusakan, kemampuan mata untuk benar-benar memfokuskan cahaya akan terganggu.

Baik Untuk Kesehatan Jantung

Kuning telur, dengan mineral, vitamin, dan nutrisi lain di dalamnya dapat membantu mempromosikan Kesehatan jantung dan kardiovaskular.

Kuning telur memang tidak menunjukan secara langsung hubungan dengan penyakit jantung, namun kolin sebagai salah satu gizi di dalamnya dapat mengatur fungsi kardiovaskular.

Selain itu, sebuah studi yang dilakukan oleh University of North Carolina di Chapel Hill menemukan bahwa wanita dengan asupan kolin yang lebih tinggi 24% dibandingkan dengan wanita lainnya memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena kanker payudara.

Putih Telur

Mencegah Hipertensi

Diet tinggi protein sering kali dengan rendahnya risiko hipertensi, dan sebuah penelitian baru menunjukan bahwa putih telur memang sangat bermanfaat.

Studi yang dikeluarkan oleh American Chemical Society mengenai hewan, para ilmuwan di Clemson University menemukan bahwa peptida yang disebut RVPSL ditemukan dalam putih telur.

Senyawa tersebut bisa mengurangi tekanan darah dengan khasiat yang sama seperti obat penurun hipertensi (tekanan darah tinggi), yaitu dengan memblokir agen-agen yang dapat memicu tekanan darah tinggi.

No Kolesterol

Sebutir telur mengandung kolesterol yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian. Sebanyak 213 mg kolesterol berada pada kuning telur. Jadi jika kalian hanya memakan putihnya saja akan terhindar dari elemen yang merugikan.

Bagi orang yang tidak memiliki masalah kesehatan dapat mengonsumsi maksimal 300 mg kolesterol per hari, namun bagi penderita kondisi tertentu (seperti diabetes atau penyakit kardiovaskular) tidak boleh mengonsumsi lebih dari 200 mg kolesterol per hari.

Low Kalori

Telur bukanlah makanan berkalori tinggi, sebutir telur biasanya hanya memiliki 71 kalori per butir berukuran besar. Tapi, jika kalian tidak memakan kuningnya akan mengurangi 55 kalori dalam makanan kalian.

Daripada memasak telur dadar dengan menggunakan tiga telur, lebih baik kalian menggunakan satu telur utuh dan dua putih telur. Dengan begitu, kalian bisa meminimalisir risiko kalori berlebihan dalam tubuh.

Aneka Resep Telur Gulung

resep telur gulung

Setelah kalian mengetahui manfaat super dari sebutir telur, kalian tidak merasa rugikan jika  mengonsumsi telur setiap hari. Walau kecil, ternyata manfaat telur untuk kesehatan nendang banget ya..

Untuk melengkapi variasi olahan telur kalian, berikut ini adalah  resep telur gulung untuk menambah kreasi kalian yang hanya menceplok dan mendadar telur  saja.

Resep Telur Gulung Sosis, Bekal Enak dan Praktis

Bahan-Bahan :

  • 5 butir Telur
  • 1 buah wortel
  • 1 batang daun bawang
  • 5 buah sosis
  • garam secukupnya
  • lada secukupnya
  • keju cheddar secukupnya
  • saus tomat secukupnya
  • mayonaise secukupnya
  • mustard secukupnya

Cara Membuat Telur Gulung Sosis :

  1. Iris daun bawang kecil-kecil. Lanjutkan degan memotong wortel kecil-kecil. Atau, cacah keduanya.
  2. Siapkan mangkuk berukuran sedang dan pecahkan semua telur ke dalamnya. Lalu, saring telur.
  3. Masukkan garam dan lada secukupnya. Tambahkan wortel dan daun bawang ke dalamnya. Kocok hingga merata.
  4. Siapkan teflon bentuk persegi, lalu tuangkan minyak goreng secukupnya. Ratakan tipis-tipis menggunakan tisu atau kuas khusus.
  5. Goreng telur tipis-tipis hingga mengeras. Kemudian, tata lembaran keju dan sosis di atasnya dan gulung telur. Kuncinya, goreng dengan api kecil agar telur tidak mudah kering atau kecoklatan.
  6. Letakkan telur gulung di ujung teflon, lalu masukkan kembali telur, biarkan hingga mengeras. Kemudian, gulung kembali hingga menjadi beberapa lapis.
  7. Setelah selesai di goreng semuanya. Iris telur seperti memotong sushi ya, Bun.
  8. Saatnya plating! Siapkan talenan atau piring rata, lalu oleskan saus, mayonaise dan mustard di piring.
  9. Susun irisan telur gulung di atasnya. Beri taburan wijen dan siapkan daun parsley di atasnya agar makin manis tampilannya.
  10. Siap dihidangkan!

Melihat ketenaran telur gulung sosis atau yang biasa disebut sostel (sosis telur) bisa berkembang menjadi peluang usaha makanan yang sangat menjanjikan. Sostel dapat diproduksi dengan cepat menggunakan mesin sosis telur.

Resep Telur Gulung Mie, Enak dan Menyehatkan

Bahan-Bahan :

  • 7 butir telur
  • Minyak goreng secukupnya
  • 1 batang daun bawang
  • 1 buah wortel, potong dadu
  • 50 gram sosis potong dadu
  • Mie rebus secukupnya

Cara Membuat Telur Gulung Mie :

  1. Tuang minyak ke dalam cetakan telur.
  2. Pecahkan telur, lalu masukkan ke dalam cetakan.
  3. Tambahkan wortel, sosis, daun bawang, dan mie rebus ke dalam masing-masing cetakan.
  4. Aduk rata semua bahan dengan menggunakan garpu.
  5. Masak dengan api kecil sampai setengah matang.
  6. Balik sisinya, lalu goreng kembali.
  7. Angkat dan sajikan.

Lezatnya Resep Telur Gulung Korea

Bahan-Bahan :

  • 3 buah telur
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • daun bawang
  • wortel dipotong dadu kecil

Cara Membuat Telur Gulung Korea:

  1. Panaskan wajan anti lengket dengan api kecil.
  2. Beri 1 sendok teh minyak dan ratakan dengan kuas masak atau tisu dapur.
  3. Setelah wajan panas, masukkan setengah bagian kocokan telur, tunggu hingga setengah matang.
  4. Saat bagian atas telur masih basah, taburkan wortel dan daun bawang, lalu gulung hingga padat. Sisihkan di pinggir wajan.
  5. Tuangkan sisa kocokan telur di sisi wajan yang masih kosong, tunggu hingga setengah matang.
  6. Ambil gulungan dadar berisi wortel dan balut dengan telur dadar yang sudah setengah matang. Gulung lagi.
  7. Bolak-balik gulungan dadar hingga matang, namun jangan terlalu lama agar permukaan dadar gulung tidak kering.
  8. Angkat, tunggu hingga agak dingin lalu iris sesuai selera.

Resep Telur Gulung Bihun

Bahan-Bahan :

  • 2 butir telur ayam
  • 50 gram bihun
  • 4 sdm air
  • garam, lada bubuk, dan penyedap rasa secukupnya

Cara Membuat Telur Gulung Bihun :

  1. Masukkan telur, garam, lada bubuk, penyedap rasa, dan air ke dalam botol. Kocok sampai rata.
  2. Seduh bihun dengan air panas, diamkan sampai lunak, lalu tiriskan.
  3. Panaskan minyak, tuang telur lalu masukkan bihun sambil diputar-putar dengan tusukan sate. Gulung telur ke pinggiran wajan. Lakukan sampai adonan habis.
  4. Nikmati dengan saus favoritmu.

Resep Telur Gulung Kornet

Bahan-Bahan :

  • 1 butir telur ayam
  • 1 sdm daging kornet sapi
  • ¼ sdt merica
  • 1 siung bawang putih, haluskan
  • 1 sdt garam
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Telur Gulung Kornet:

  1. Haluskan bawang putih yang sudah disiapkan.
  2. Kocok telur ayam dan bawang putih, tambahkan garam dan merica.
  3. Jika sudah tercampur semua, masukkan daging kornet sapi ke dalam adonan telur.
  4. Panaskan minyak dengan api kecil, goreng telur yang sudah tercampur dengan daging kornetnya.
  5. Jika sudah berubah warna menjadi kekuningan, balik telur dengan pelan agar tidak membuat kornet berceceran. Tunggu hingga matang.
  6. Angkat telur goreng kornet dan tiriskan. Diamkan sejenak.
  7. Bentuk persegi panjang agar mudah untuk digulung. Gulung telur dengan hati-hati.
  8. Telur gulung kornet siap disajikan.

Apakah Tidak Masalah Banyak Mengonsumsi Telur?

Resep telur gulung jaman sekarang lebih bervariasi jika dibandingkan jaman dahulu, mengonsumsi makanan yang mengandung telur memang memiliki banyak manfaat seperti yang disebutkan di atas.

Akan tetapi mengonsumsi terlalu banyak telur juga mengandung risiko. Terlebih lagi jika kalian mengidap penyakit tertentu, seperi hiperkolesterolemia.

Kolesterol yang Tinggi

Sebutir telur mengandung 213 mg kolesterol, sedangkan kalian direkomendasikan hanya mengonsumsi sebanyak 300 mg dalam seharinya. Lantas bagaimana?

Sebenarnya, kolesterol di dalam makanan tidak selalu membuat kolesterol dalam darah meningkat. Hati sebagai organ yang memproduksi kolesterol tidak mengkonversi semua kolesterol dalam makanan menjadi kolesterol darah.

Sebuah penelitian menunjukan bahwa 70% orang yang mengonsumsi telur tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhnya sama sekali, sedangkan 30% lainnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total dalam darah walau hanya sedikit mengonsumsi telur.

Benarkah Mengonsumsi Banyak Telur Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung?

Kebanyakan orang berpikir bahwa kuning telur jahat karena mengandung kolesterol yang tinggi sehingga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Untuk membuktikan pendapat tersebut, sebuah penelitian dilakukan.

Hal yang mengejutkan adalah banyak penelitian tidak membenarkan hal ini. Di tinjau dari 17 penelitian menunjukkan hasil bahwa tidak ada hubungan antara konsumsi telur dengan penyakit jantung atau stroke.

Anggapan selama ini yang mengatakan bahwa telur dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh juga tidak selamanya benar.

Penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Lipids tahun 2013 menunjukan bahwa makan telur utuh dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Kadar kolesterol baik yang tinggi dalam darah dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Jadi, mengonsumsi telur baik untuk kesehatan.

Kembali lagi ke hubungan telur dengan penyakit jantung. Menurut penelitian oleh British Journal of Medicine menunjukkan bahwa konsumsi satu telur per hari ternyata tidak meningkatkan risiko penyakit jantung atau stroke pada orang sehat.

Namun, bagi kalian yang mengalami kesulitan dalam mengontrol kadar kolesterol total dan kolesterol jahat (LDL) perlu hati-hati, sebaiknya batasi konsumsi telur dan pilih bagian putih telurnya saja.

Untuk penderita diabetes, sebaiknya batasi jumlah konsumsi telur. Sebuah penelitian Nurses’ Health Study and Health Professionals, risiko penyakit jantung akan meningkat pada penderita diabetes, baik pria dan wanita, jika memakan 1 atau lebih telur setiap hari.

Seberapa Sering Mengonsumsi Telur yang Dianggap Aman?

Jadi, dapat disimpulkan bahwa telur adalah makanan yang sehat bagi kalian yang sedang dalam keadaan sehat. Mengonsumsi telur setiap hari bagi orang sehat tidak akan jadi masalah.

Namun, akan berbeda jika kalian menderita penyakit diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, atau mengalami masalah dengan kolesterol dalam darah, sebaiknya membatasi jumlah konsumsi telur harian.

Solusinya adalah kalian masih tetap bisa mengonsumsi telur, tetapi sebaiknya tidak lebih dari 3 kali dalam seminggu.

Artikel di atas sudah mengupas tuntas mulai dari perkembangan telur di Indonesia hingga amankah mengonsumsi telur setiap hari. Semoga bermanfaat untuk kalian! Jangan lupa untuk mencoba resep diatas ya, semoga kalian suka dengan hasilnya.